Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah


Berikut Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Secara Sederhana Untuk Mendapatkan Perawatan Kulit Yang Tepat

Tentunya perawatan kulit yang benar adalah perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Apalagi pada kulit wajah, penting untuk mengenal jenis kulit wajah. Nah, oleh karena itu simaklah artikel ini dengan serius sehingga Anda benar-benar bisa mengetahui jenis kulit wajah, yang tentunya bisa mengurangi risiko terkena masalah kulit wajah dengan perawatan yang tepat dan sesuai.


Kita akan melakukan pengetesan pada wajah dengan cara yang sederhana, yang tentunya bisa dipraktekan oleh siapa pun, baik laki-laki maupun wanita, remaja maupun dewasa. Cara mengetahui jenis kulit wajah  yang akan kita lakukan terbilang cukup akurat. Namun, sebelum kita masuk pada praktek cara mengetahui jenis kulit, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu 5 kategori jenis kulit wajah, dimana nanti setelah kita melakukan tes mengetahui jenis kulit wajah bisa dicocokan dengan salah satu dari kelima kategori jenis kulit wajah tersebut.

menghilangkan bopeng

5 Jenis Kulit Wajah


Jenis Kulit Normal

Perawatan yang cukup minimal dan praktis menjadi pilihan terbaik untuk kulit jenis normal. Jika Anda memiliki jenis kulit ini, Anda sangat beruntung, kenapa ? biasanya jenis kulit normal terbebas dari noda yang disebabkan oleh minyak yang berlebih. Nah, kondisi minyak yang terdapat dalam kuli jenis normal sangat seimbang, sehingga kulit cenderung mudah bersih dan tidak berjerawat apabila kita tepat merawatnya.

Jenis Kulit Sensitif

Kulit jenis sensitif memiliki kecenderungan mudah terkena masalah kulit, terlebih jenis kulit ini mudah pecah. Kulit yang sensitif diperlukan perawatan yang benar-benar tepat, pengaruh lingkungan yang buruk seperti, debu, kotoran atau sering terkena sinar matahari secara berlebihan tentu dapat sangat mudah merusak kulit jenis ini.


Nah, ada baiknya untuk Anda yang memiliki jenis kulit ini, hindari kosmetik yang berbahan kimia, seperti parfum yang secara langsung dapat menyebabkan masalah pada kulit sensitif. Lebih baik untuk perawatan kulit sensitif, menggunakan perawatan yang simpel, ringan dan tanpa bahan kimia. Banyak perawatan kulit melalui berbagai macam tanaman herbal, Anda harus mencobanya.

Jenis Kulit Berminyak

Nah, apabila kita memiliki jenis kulit yang satu ini, diperlukan perawatan yang extra. Sudah kita ketahui bahwa jumlah produksi minyak pada jenis kulit ini sangat berlebihan. Mudahnya timbul jerawat, noda, dan pori-pori besar adalah beberapa diantara masalah kulit yang cenderung mudah dialami oleh jenis kulit berminyak.

Mencuci dan membersihan wajah secara teratur dan telaten, adalah hal yang penting dan perlu perhatian lebih untuk jenis kulit berminyak.

menghilangkan bopeng

Jenis Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi lebih banyak dimiliki oleh setiap orang. Dimana jenis kulit ini merupakan campuran dari jenis kulit kering dan jenis kulit berminyak. Campuran kedua jenis kulit ini, bisa terjadi di daerah wajah tertentu. Misalnya jenis kulit kering di area pipi dan hidung, sedangkan jenis kulit berminyak ada di dahi.

Jensi Kulit Kering

Perawatan tepat dan telaten dibutuhkan oleh jenis kulit kering. Jenis kulit kering merupakan kebalikan dari jenis kulit berminyak, dimana jenis kulit kering ini sangat kekurangan minyak, sehingga membuat kulit menjadi kering. Pelembab wajah yang tepat harus menjadi prioritas utama pada jenis kulit kering. Terlebih jenis kulit ini memerlukan asupan air yang baik, jadi ada baiknya kita rajin minum air. Salah satu keuntungan memiliki jenis kulit ini, biasanya jarang terkena masalah jerawat.


Itulah kelima jenis kulit yang penting untuk kita ketahui. Nah, sekarang kita masuk ke cara mengetahui jenis kulit. Berikut langkah-langkah sederhana yang harus kita lakukan untuk mengetahui jenis kulit kita : 

Secara ideal dan klinis tentunya untuk mengetahui jenis kulit adalah menemui dokter kulit, ya kita harus berkonsulatsi dengan dokter kulit. Namun, ternyata kita juga bisa mengetahuinya sendiri melalui praktek dan alat yang sederhana. Langkah pertama yang harus kita sediakan adalah cermin yang seukuran dengan wajah kita, tapi bebas ukurannya.

Ada beberapa hal yang harus kita hindari ketika melakukan tes ini, berikut diantaranya :
  • Tes dilakukan pada ruangan yang bebas AC (Air Conditioner) dan sebelum melakukan tes ini, Anda juga sebelumnya jangan berada di ruangan ber-AC, setidaknya 1,5 jam sebelum melakukan tes ini. Perlu diketahui, udara di ruangan AC dapat membuat kulit menjadi kering dan mempengaruhi hasil tes.
  • Hindari mencuci wajah, 1 jam sebelum melakukan tes.
  • Satu jam setengah sebelum melakukan tes dilarang keluar rumah atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.

Berikut adalah cara melakukan tes cermin, untuk mengetahui jenis kulit.

Tempelkan wajah pada cermin bersih yang telah disedikan. Pastikan dahi, hidung, dan dagu berada pada satu garis lurus. Nah, setelah menempel, tekan pipi pada cermin dengan membalikan wajah dari kiri ke kanan dan kemudian sebaliknya. Intinya, Anda harus menempelkan setiap bagian wajah (dagi, hidung, pipi) pada cermin.


Cara Membaca Hasil Tes Yang Telah Dilakukan

- Kulit berminyak


Bila terdapat bekas minyak di cermin, pada area T wajah dan pipi, maka wajah Anda berminyak. Ciri-ciri lainnya, pori-pori wajah yang besar dan wajah yang mengkilap.


- Kulit kering


Bila tidak terdapat bekas minyak di cermin, kecuali bekas bulu pada wajah, maka kulit Anda kering.


- Kulit kombinasi


Bila bekas minyak hanya terdapat pada area T wajah (hidung dan dahi), maka kulit Anda masuk kategori tipe campuran. Jenis kulit ini merupakan tipe yang paling normal dimiliki banyak orang. Area T pada wajah selalu lebih berminyak daripada bagian lain, karena di sanalah kelenjar minyak terbanyak. Pipi Anda akan kering, sedangkan hidung dan dahi lebih berminyak.


- Kulit sensitif


Tipe kulit ini sulit dikenali dengan tes cermin. Kulit sensitif bisa jadi berminyak ataupun kering. Untuk itu, tekanlah wajah pada cermin dengan cukup lama. Bila Anda merasakan perih, maka jenis kulit Anda sensitif. Kulit jenis ini tidak cocok dengan sebagian besar kosmetik.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.