Cara Alami Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Cara Alami Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi - Setiap tahun ratusan bayi dan anak kecil menderita pilek dan batuk, terutama karena sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah. Bahkan, dalam umur setahun, kebanyakan bayi mengalami batuk pilek hingga 7 kali.

Anak-anak dan bayi usia 1 bulan, usia 3 bulan, 4 bulan, 2 bulan, 8 bulan, 9 bulan, 11 bulan, dan usia 7 bulan cenderung mudah tertular berbagai virus yang ditularkan oleh orang yang terinfeksi virus atau dikarenakan udara di lingkungan mereka terkontaminasi.

Cara Alami Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Ada beberapa gejala pilek dan batuk pada bayi yaitu hidung tersumbat atau berair, demam ringan hingga 100,4 derajat Fahrenheit, bersin, batuk, kehilangan nafsu makan, mudah marah dan sulit tidur.

Seperti biasa jika anak atau bayi sakit maka akan benar-benar sulit untuk diobati dan rewelnya pasti minta ampun. Namun, kita jangan sampai mengeluh, sikap orang tua atau pengasuh adalah bertanggung jawab untuk memastikan anak dan bayi kita tetap sehat, itulah mengapa sebagai orang tua harus tetap semangat, karena anak kita, bayi kita adalah cinta dan kasih sayang.


Organisasi kesehatan American Academy of Pediatrics menyarankan dalam mengobati batuk pilek pada anak di bawah 6 tahun agar menghindari memberikan obat atau pengobatan dengan obat berbahan kimia karena dapat menimbulkan efek samping yang berpotensi fatal, yang terbaik untuk cara mengatasi batuk pilek pada bayi adalah dengan cara alami. Perawatan ala rumahan dapat meringankan gejala batuk pilek bayi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. 

Namun, pastikan kita segera menghubungi dokter jika bayi atau anak kita mengalami suhu lebih tinggi dari 100,4 derajat fahrenheit, selain itu hubungi dokter jika gejalanya tidak berkurang lebih dari satu minggu. Dan, jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter jika bayi kita berusia dibawah 3 bulan dan mengalami demam.

Berikut adalah cara alami mengatasi batuk pilek pada bayi.


Mandi atau Dibasuh Dengan Kain Basah


Untuk mengurangi demam pada bayi dibawah 3 bulan, kita mandikan atau hanya dibasuh dengan kain basah untuk mengatur suhu tubuh bayi. Mandi memiliki manfaat untuk me-relaks-kan bayi sehingga dapat tidur dengan baik, dan biasanya dengan membasuh bayi dengan kain basah akan membantu mempercepat penyembuhan.

Cara 1 :
Untuk bayi berusia dibawah 6 bulan, basuh dengan kain basah 2 atau 3 kali sehari. Rendamlah handuk lap pada air biasa, lalu peras dan kemudian basuh ketiak, kaki, tangan dan pangkal paha untuk mengurangi suhu demam pada bayi.
Cara 2 :
Letakan kain basah di dahi bayi, biarkan dalam beberapa menit.
Cara 3 :
Anak-anak yang sudah berumur 2 tahun ke atas dapat mandi dengan air dingin atau air hangat.
Catatan :
Hindari menggunakan air yang sangat dingin, karena dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat.


Jeruk Nipis


Jeruk nipis merupakan obat alami yang baik. Jeruk nipis kaya akan vitamin C, dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu melawan pilek dan flu.

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam jeruk nipis juga sangat baik untuk mengurangi gejala, seperti sakit tenggorokan, pilek dan batuk.

Caranya :
  1. Masukan air perasan dan kulit dari 4 jeruk nipis, tambahkan 1 sendok makan irisan jahe ke dalam panci.
  2. Tambahkan air panas secukupnya.
  3. Tutup dan biarkan selama 10 menit.
  4. Lalu saring air rebusan tersebut.
  5. Setelah disaring tambahkan air hangat secukupnya untuk meng-ecerkan dan tambahkan madu secukupnya.
  6. Lalu, berikan pada anak untuk diminum dalam beberapa kali sehari.
Catatan :
Untuk bayi berusia dibawah 1 tahun, madu diganti dengan gula aren.

Madu


Madu merupakan obat yang paling aman untuk anak-anak usia lebih dari 1 tahun yang mengalami pilek batuk. Madu memiliki sifat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu mengurangi gejala batuk, seperti mengurangi sakit tenggorokan dan membunuh bakteri penyebab infeksi, serta dapat memberikan zat antioksidan alami yang baik untuk tubuh.

Cara 1 :
Campur 2 sendok teh madu mentah dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Lalu, minumkan pada anak setiap 4 jam sekali untuk menghilangkan gejala batuk pilek.
Cara 2 :
Anak kita bisa mengkonsumsi madu saja satu sendok 3 kali sehari.
 
Cara 3 :
Segelas susu hangat dan madu dapat meredakan batuk kering dan mengurangi nyeri dada.
Catatan :
Jangan pernah memberikan madu pada bayi dibawah usia 1 tahun, karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan botulisme infantil.

Sup Ayam Hangat


Untuk anak-anak di atas 1 tahun, sup ayam hangat merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi flu dan batuk. Selain bergizi, sup ayam hangat dapat mengurangi gejala pada tenggorokan. Sup ayam hangat juga memiliki zat antioksidan alami untuk mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, sup ayam dapat meningkatkan fungsi silia sebagai pelindung rongga hidung, sehingga dapat mencegah bakteri contagions masuk ke dalam tubuh.

Sebuah penelitian di tahun 2000 yang diterbitkan dalam Chest Journal menyatakan bahwa sup ayam mengandung sejumlah zat yang sangat bermanfaat sebagai obat infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Memberikan sup pada anak buatan sendiri menggunakan ayam yang sehat dan sayuran organik, seperti wortel dan bayam, dapat meringankan gejala batuk dan pilek. Kita dapat memberi menu makan pada anak dengan sup ayam hangat 2 atau 3 kali sehari. 
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Alami Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi"

Poskan Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.