Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

caranugraha.com - Plak merupakan lapisan bakteri lembut dan lengket yang menumpuk pada gigi, tambalan gigi, gusi, lidah, dan gigi palsu.

Ketika ada beberapa lapisan plak yang bercampur dengan zat mineral dalam air liur, maka akan menjadi mengeras, sehingga membentuk karang gigi.

Hal ini dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri berkembang biak di mulut ketika kita sering memakan makanan manis. Plus, dapat membentuk zat asam selama proses pembentukan karang gigi yang dapat merusak lapisan email gigi, lalu mengarah pada rusaknya rongga gigi. Bakteri juga bisa mengasilkan racun yang dapat menyebabkan gusi menjadi bermasalah (periodontal).

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Ada beberapa faktor yang membuat penumpukan plak pada gigi, seperti kurangnya kebersihan mulut, menyikat gigi yang buruk, memakan makanan yang tidak sehat, faktor keturunan, dan kurangnya perawatan gigi.


Menjaga kebersihan gigi adalah kunci untuk mencegah penumpukan plak dan karang gigi. Berikut cara yang harus kita lakukan :
  • Menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluorinated setidaknya dua kali sehari.Gunakan sikat gigi yang lembut dan bulat, terbuat dari nilon dan bulu halus. Peganglah sikat pada sudut 45 derajat terhadap garis gusi gigi.
  • Pastikan kita juga menyikat lidah, karena lidah merupakan tempat yang nyaman bagi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penumpukan plak.
  • Gunakan benang gigi secara teratur untuk membersihkan gigi dan gusi.

Selain menjaga kesehatan gigi secara teratur, kita juga bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Harap diingat, bahwa karang gigi memiliki zat mineral, sehingga akan cukup susah untuk menghilangkannya. Namun, jika kita rajin secara teratur menghilangkan plak, maka akan membantu mencegah kerusakan gigi yang permanen.

Berikut 10 Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Gigi


Berkumur Dengan Minyak

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Berkumur dengan minyak merupakan praktek kuno yang dapat menjaga kesehatan mulut dan membantu menghilangkan plak di gigi. Menggunakan minyak kelapa extra-virgin sangat bagus karena mengandung asam laurat tinggi yang memiliki efek anti-inflamasi dan antimikroba.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal Nigeria secara medis menunjukan bahwa minyak kelapa sangat efektif untuk mengurangi pembentukan plak.


Caranya :
  • Ambil satu sendok makan minyak kelapa extra-virgin dan berkumur selama 15 sampai 20 menit.
  • Lalu ludahkan minyak tersebut. Jangan sampai minyak tersebut tertelan.
  • Kemudian sikat gigi seperti biasa.
  • Ulangi cara ini setiap hari, pada pagi hari sebelum makan apapun.

Plus, kita juga dapat menggosok minyak kelapa ini pada gusi dengan menggunakan tangan. Selain dengan menggunakan minyak kelapa extra-virgin, kita juga bisa menggunakan minyak wijen hangat.

Menggunakan Baking Soda

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Baking soda mengandung natrium bikarbonat yang merupakan obat lami yang sangat bagus untuk menghilangkan plak. Baking soda mampu menetralkan asam di mulut, sehingga dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya di mulut. Baking soda juga dapat membantu memutihkan dan mencerahkan gigi.

Sebuah penelitian di tahun 2008 yang diterbitkan oleh The Journal of Clinical Destistry menyimpulkan bahwa baking soda yang berbentuk pasta atau bubuk dapat lebih efisien menghilangkan plak.


Cara 1 :
Taruh baking soda secukupnya pada sikat gigi yang basah, lalu sikatlah gigi. Kemudian, bilas mulut dan gigi secara menyeluruh dengan air hangat.

Cara 2 :
Campurkan 1 sendok teh garam dan 2 sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi pada campuran tersebut. Kemudian, sikatlah gigi dengan lembut.

Cara 3 :
Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air hidrogen peroksida secukupnya. Lalu, sikat gigilah dengan menggunakan ramuan tersebut.

Gunakanlah salah satu cara diatas sekali atau dua kali dalam seminggu.

Catatan :
Jangan gunakan baking soda secara berlebihan karena dapat merusak enamel gigi dalam jangka panjang.

Jambu Biji

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Buah jambu biji dan daunnya mengandung zat antiplaque yang sangat baik untuk membantu menghilangkan plak yang menumpuk pada gigi dan gusi. Bahkan, buah dan daun jambu biji mengandung sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di daerah gusi.


Sebuah penelitian ditahun 2014 yang diterbitkan oleh International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences menunjukan bahwa extrak daun jambu biji dapat menurunkan adhesi pada plak baru. Selain itu, memiliki sifat antibakteri yang sangat baik dan dapat menghambat aktifitas biofilm terhadap bakteri Streptococcus yang menyebabkan plak gigi.

Cara 1 :
Cuci beberapa lembar daun jambu biji, lalu kunyahlah daun tersebut dengan lembut secara menyeluruh, kemudian buang dari mulut. Lakukan cara ini setiap hari untuk mengurangi risiko pembentukan plak gigi.

Cara 2 :
Ambil buah jambu biji, lalu belah dan taburkan garam diatasnya, kemudian kunyah secara perlahan. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari selama beberapa hari.

Cara 3 :
Kita juga dapat menggunakan obat kumur yang mengandung ekstrak daun biji.

Lidah Buaya

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Lidah buaya sangat efektif dalam mengatasi masalah gusi yang disebabkan oleh plak dan karang gigi. Lidah buaya mengandung antimikroba, sehingga dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan plak, bahkan dapat menghilangkan bau mulut.

Sebuah penelitian ditahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Oral Health and Dental Management menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki efek yang sama dengan obat kumur yang mengandung chlorhexidine, sehingga bisa menghilangkan plak gigi.


Caranya :
  • Belah lidah buaya dan ambil gelnya.
  • Kemudian gosok gelnya langsung pada gigi dan gusi.
  • Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Gunakan cara ini 2 kali dalam sehari.

Cengkeh

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Sejak dahulu cengkeh sering digunakan sebagai obat sakit gigi. Nah, cengkeh juga dapat digunakan untuk melawan mikroba di dalam mulut yang menyebabkan plak dan karang gigi.

Sebuah penelitian di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukan bahwa berkumur dengan air cengkeh dapat melawan plak dan sangat efektif mengurangi mikroba di dalam mulut.

Cara 1 :
Campurkan satu sendok teh bubuk cengkeh ke dalam beberapa tetes minyak zaitun. Lalu, oleskan campuran tersebut pada gigi. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari.

Cara 2 :
Kunyah 1 atau 2 siung cengkeh secara teratur untuk menyehatkan mulit dan mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut.

Cuka Bening

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Cuka bening mengandung asam asetat yang dapat membantu mencegah demineralisasi enamel serta mencegah dan mengurangi penumpukan plak. Cuka juga memiliki sifat antibakteri.

Sebuah studi ditahun 2014 yang diterbitkan oleh International Journal of Advanced Health Sciences menunjukan bahwa plak berkurang drastis dengan menggunakan cuka (4% asam asetat) dibandingkan dengan air gliserin.


Caranya :
  • Campurkan 2 sendok teh cuka bening dan 1 sendok teh garam dalam setengah cangkir air hangat.
  • Bilaslah mulut dengan air campuran tersebut sekali atau dua kali sehari.

Kulit Jeruk

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Kulit jeruk sering digunakan sebagai pemutih alami untuk menghilangkan noda pada gigi.

Bahkan, kandungan limonene di kulit jeruk mampu membantu mencegah plak tanpa mengikis lapisan enamel gigi, sementara itu vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk mampu membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme pada gigi.

Caranya :
  • Gosok bagian dalam kulit jeruk segar langsung pada gigi dan gusi sebelum tidur.
  • Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya.
  • Ulangi cara ini untuk menjaga gigi kita tetap bersih dan putih.
Jika kita tidak memiliki kulit jeruk segar, kita dapat menggunakan kulit jeruk bubuk kering.

Minyak Esensial Bunga Mawar

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Minyak bunga mawar memiliki disinfektan yang dapat membasmi bakteri di dalam mulut. Sehingga, dapat mencegah penumpukan plak, gigi berlubang dan membantu menghilangkan bau mulut.

Sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology menunjukan bahwa tanaman extrak dari minyak mawar dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, aktivitas glukosiltransferase, produksi glukan dan pembentukan plak.

Caranya :
  • Campur 2 atau 3 tetes minyak mawar ke dalam 1 sendok air.
  • Kumur dengan menggunakan campuran tersebut selama sekitar 1 menit.
  • Lalu gosok gigi seperti biasa. Jangan sampai menelan minyak tersebut.
  • Ulangi cara ini dua kali dalam sehari.

Teh Hitam

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Berkumur dengan teh hitam dapat mengontrol bakteri di mulut dan membantu risiko pembentukan plak, hal itu dikarenakan berkat kandungan antioksidan di dalamnya dan sifat antimikroba. Bahkan, di dalam teh hitam mengandung fluoride.

Kandungan mineral di dalamnya mampu mencegah kerusakan gigi karena membantu melapisi enamel dan mengurangi kemampuan bakteri di mulut dalam menghasilkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi.

Sebuah penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan oleh The Journal of Dentistry of Tehran University of Medical Sciences menunjukan bahwa teh hitam Iran yang kaya akan fluoride memiliki sifat antibateri (Streptococcus) yang baik.

Caranya :
  • Masukan kantong teh hitam ke dalam secangkir air panas, diamkan selama 5 menit.
  • Lalu, peraslah kantong teh tersebut dan masukan air perasannya ke dalam cangkir tadi agar fluoride bisa dimanfaatkan secara maksimal.
  • Diamkan teh sampai dingin, kemudian berkumurlah dengan menggunakan teh tersebut.
  • Ulangi cara ini satu kali sehari untuk mencegah penumpukan plak.


Keju

Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Keju dapat membantu memproduksi air liur yang mengandung alkali, sehingga dapat membantu menetralkan asam plak. Selain itu, dapat membantu menciptakan lapisan pelindung di sekitar gigi, sehingga mencegah bakteri membentuk plak. Bahkan, keju mengandung kalsium dan fosfor yang dapat membantu memineralisasi mulut.

Sebuah studi ditahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of European Academy of Pediatric Dentistry menunjukan bahwa keju tanpa tambahan gula (sukrosa) dapat mencegah karang gigi dengan meningkatkan kalsium dan fosfor, sehingga mencegah pembentukan plak gigi. 

Makanlah sedikit keju keras setelah makan untuk mencegah pembentukan plak.

Tips Tambahan
  • Makanlah makanan pedas untuk merangsang kelenjar ludah, sehingga dapat membantu membersihkan gigi dan gusi. Hal ini, dapat mencegah kerusakan gusi dan gigi.
  • Mengunyah buah apel satu jam setelah makan dapat membersihkan gigi dan membantu menyembuhkan gusi yang rusak.
  • Makan buah ara juga dapat memperkuat gigi dan merangsang aliran air liur. Pastikan kunyah buah ara secara menyeluruh.
  • Batasi konsumsi makanan olahan yang mengandung gula dan air pati. Bakteri di mulut dapat tumbuh berkembang pada makanan manis yang dimakan.
  • Gunakan ranting pohon Margosa sebagai sikat gigi.
  • Bersihkan gigi dan gusi oleh dokter gigi setidaknya sekali dalam setahun.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi"

Poskan Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.