Cara Alami Mengobati Penyakit Kembung, Mulas, Diare, dan Sembelit

Cara Alami Mengobati Penyakit Kembung, Mulas, Diare, dan Sembelit - Sistem pencernaan merupakan bagian penting dari tubuh, dan penyakit yang berkaitan dengan lambung atau pencernaan dapat menyebabkan tubuh tidak nyaman. Fungsi utama dari lambung dan pencernaan adalah untuk membantu tubuh kita menyerap nutrisi penting serta membuang zat-zat sampah yang tidak berguna.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, sekitar 200 sampai 600 juta orang di Asia termasuk Indonesia menderita beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan lambung.


Beberapa penyakit pencernaan dan lambung yang sering ditemui diantaranya termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas lambung, mulas, diare, sembelit, asam refluks, tukak lambung, keracunan laktosa, keracunan makanan, divertikulitis, penyakit radang usus (IBD), penyakit celiac, dan sindrom iritasi usus (IBS).

Sedangkan penyebab penyakit lambung dan pencernaan berbeda-beda, beberapa penyebab umum diantaranya adalah pola makan yang buruk, kebersihan yang tidak tepat, kurang olahraga, dehidrasi, merokok berlebihan, konsumsi alkohol yang berlebihan, stres, kurang tidur dan kekurangan gizi.

Karena ada berbagai jenis masalah pencernaan, diagnosa yang tepat dan pengobatan yang tepat sangat penting. Namun, kita juga dapat menggunakan pengobatan ala rumahan dan merubah gaya hidup menjadi lebih baik dan sehat untuk mengobati beberapa masalah pencernaan yang umum dialami oleh setiap orang, seperti gangguan pencernaan, sembelit, diare dan kembung. Masalah pencernaan yang serius dan kronis, bagaimanapun, mungkin memerlukan pengobatan oleh dokter spesialis.

Berikut Adalah 8 Cara Alami Mengobati Penyakit Kembung, Mulas, Diare, dan Sembelit.

Jahe


Untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah penyakit pencernaan, kita harus menyertakan jahe dalam menu makanan sehari-hari. Jahe dapat merangsang cairan pencernaan dan aliran enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Sehingga sangat efektif untuk mencegah dan mengurangi mual, muntah, perut kembung, gangguan pencernaan, kembung dan diare.

Selain itu, jahe memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah masalah pencernaan karminatif dan memiliki sifat antibakteri.


Cara 1 :

Minum 2-3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk membuat teh jahe, rebus 1 sendok teh jahe bubuk campur dengan 1½ cangkir air panas. Biarkan mendidih selama 10 menit, saring air rebusan jahe tersebut, lalu tambahkan beberapa tetes madu asli, dan kemudian minum dan nikmati teh.

Cara 2 :

Tambahkan 2 sendok teh air jahe dan 1 sendok teh madu ke dalam satu cangkir air hangat. Minumlah sekali atau dua kali sehari. Untuk melancarkan pencernaan lebih efektif, kita dapat mengunyah sepotong kecil jahe setelah makan.

Konsumsi Makanan Probiotik


Makanan probiotik dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat dan tetap berfungsi dengan baik dan efisien. Makanan probiotik mengandung strain (bakteri baik) Lactobacillus dan Bifidobacteria yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan alami dari bakteri usus kita. Makanan probiotik dapat membantu mengobati dan mencegah masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, dan iritasi usus.


Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Jurnal Therapeutic Advances in Gastroenterology menemukan efektivitas dari makanan probiotik, yaitu sangat baik sebagai strain tunggal atau kombinasi dari probiotik, dalam mengobati beberapa masalah pencernaan.

Makanan probiotik terbaik termasuk yogurt, kefir, miso, sauerkraut, kimchi, tempe, buttermilk dan acar asam. Kita bahkan dapat mengkonsumsi suplemen probiotik, tetapi tentu harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Peppermint


Ramuan dari daun peppermint juga dapat membantu pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan. Didalamnya terdapat kandungan karminatif, antispasmodic dan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu membuang gas, mengobati kembung, kram usus, serta mual dan muntah.

Selain itu, daun peppermint dapat membantu melancarkan sistem pencernaan  dan mempercepat penyembuhan.

Sebuah penelitian di tahun 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Digestive and Liver Diseases menunjukkan bahwa ramuan dari daun peppermint dapat membantu meredakan gejala perut pada orang yang menderita iritasi usus, bahkan dapat mengobati gejala yang mirip dengan keracunan laktosa atau penyakit celiac.

Cara 1 :

Minum teh peppermint sekali atau dua kali sehari. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok teh daun peppermint kering ke dalam satu cangkir air panas. Tutup dan diamkan selama 10 menit. Saring dan lalu minum.


Cara 2 :

Konsumsi secara langsung daun peppermint segar setiap hari.

Cara 3 :

Pilihan lain adalah mengkonsumsi minyak kapsul peppermint , 3 atau 4 kali sehari selama beberapa minggu.

Biji Adas


Biji adas juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Kita dapat menggunakannya untuk mengobati sakit maag, gangguan pencernaan dan asam lambung. Biji adas ini juga dapat membantu kejang usus, kembung dan iritasi usus.

Sebuah penelitian di tahun 2003 yang diterbitkan dalam Alternative Therapies in Health and Medicine menyimpulkan bahwa minyak biji adas (emulsi) dapat membantu mengurangi kadar kolik infantil di lambung.


Cara 1 :

Kunyah 1 sendok teh biji adas setelah makan untuk membantu melancarkan pencernaan.

Cara 2 :

Untuk mengobati gangguan pencernaan, minum teh adas atau campurkan ½ sendok teh bubuk biji adas dengan segelas air, diminum dua kali sehari. Untuk membuat teh adas, diamkan 1 sendok teh biji adas hancur dalam secangkir air panas selama sekitar 5 menit.

Cuka Sari Apel


Bahan alami lain yang membantu menjaga sistem pencernaan kita agar tetap sehat adalah cuka sari apel. Meskipun kandungannya asam, tapi memiliki efek alkalizing dalam tubuh.

Nah, hal tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengobati masalah seperti gangguan pencernaan, membuang gas, mengobati kembung, sakit perut dan mulas.

Selain itu, cuka sari apel memiliki pektin, yang merupakan serat larut dalam air yang mengatur pergerakan usus.

Caranya :
  1. Tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel asli ke dalam secangkir air hangat.
  2. Campuran madu asli sedikit.
  3. Minum ramuan alami ini 2 atau 3 kali sehari untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Lidah Buaya


Lidah buaya memiliki sifat pencahar yang kuat sehingga dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Bahkan, memiliki senyawa yang disebut polisakarida di dalamnya, sehingga dapat membantu mengobati berbagai penyakit pencernaan, termasuk radang lambung.

Selain itu, lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, antibakteri dan antijamur yang  dapat membantu menghilangkan iritasi dan peradangan di saluran pencernaan.

Caranya :
  1. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam secangkir air biasa atau air jeruk.
  2. Lalu blender.
  3. Minum setiap pagi saat perut kosong.

Catatan :

Jangan mengkonsumsi lidah buaya jika sedang hamil atau menyusui.

Kunyit


Bahan alami lain yang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan adalah kunyit. Kurkumin adalah zat aktif dalam kunyit, yang dapat merangsang kandung empedu untuk melepaskan empedu.

Hal tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan fungsi hati. Kandungan anti-inflamasi didalamnya juga dapat membantu mengurangi peradangan di saluran pencernaan.


Sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan dalam World Journal of Gastroenterology menemukan bahwa kunyit dapat dijadikan terapi yang efektif untuk penyakit pencernaan fungsional dan organik.

Kita dapat menggunakan kunyit ini untuk mengobati beberapa penyakit gangguan pencernaan, termasuk dispepsia, tukak lambung, penyakit iritasi usus, Crohn, ulcerative colitis dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Cara 1 :

Minum ½ sendok teh air kunyit dengan takaran segelas air sehari untuk mencegah masalah pencernaan. Kita juga bisa memasukkan kunyit ke dalam masakan.

Cara 2 :

Pilihan lain adalah mengkonsumsi suplemen kurkumin. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan dengan dokter.

Oatmeal


Oatmeal dapat membantu usus lebih sehat karena mengandung serat yang tinggi. Serat mampu membantu menjaga keteraturan usus dan mencegah sembelit. Oatmeal bahkan dapat mengurangi gejala seperti mulas dan mual yang berhubungan dengan GERD.

Selain itu, oatmeal merupakan makanan rendah lemak, sehingga mudah dicerna, yang berarti kita dapat menikmati makanan tersebut bahkan ketika menderita diare.


Cara 1 :

Untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat, mulai hari kita dengan mengkonsumsi semangkuk oatmeal. Kita juga dapat menambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan untuk meningkatkan nilai gizi.

Cara 2 :

Kita juga dapat mencoba mengkonsumsi tepung gandum dan oatmeal cookies untuk melancarkan pencernaan.

Tips tambahan

  1. Ketahui makanan pemicu gangguan pencernaan dan mencoba untuk menghindarinya.
  2. Hindari makan 2 kali sehari dengan porsi yang banyak, lebih baik makan 4 atau 5 kali sehari dengan porsi yang sedikit untuk menghindari makan berlebihan.
  3. Jangan pernah melewatkan sarapan dan pastikan untuk mengkonsumsi makanan ringan yang sehat di pertengahan pagi dan sore hari.
  4. Hindari berbaring setelah makan, yang dapat meningkatkan risiko mulas dan mual.
  5. Stres dapat menyebabkan atau memperburuk masalah pencernaan, cobalah untuk mencegah stres dengan yoga atau meditasi.
  6. Tingakatkan kebersihan untuk mendukung pencernaan yang lebih baik dan untuk menghindari keracunan makanan serta diare.
  7. Kunyahlah makanan secara baik dan makan secara perlahan untuk melancarkan pencernaan.
  8. Makan makanan yang kaya serat untuk mencegah masalah pencernaan. Kita dapat menemukan serat dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  9. Perbanyak minum air sepanjang hari. Hal ini dapat membantu dalam proses pencernaan dan juga mencegah sembelit.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Alami Mengobati Penyakit Kembung, Mulas, Diare, dan Sembelit"

Poskan Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.