Cara Mengatasi Bersendawa Terus Menerus dan Berlebihan

caranugraha.com - Bersendawa, juga dikenal dengan sebutan eruktrasi, merupakan salah satu cara alami yang dilakukan tubuh untuk menghilangkan gas yang berlebihan dari perut.

Sendawa sering disertai dengan suara yang khas dan terkadang agak bau. Gas dalam perut kita juga dapat menyebabkan sakit perut dan kram yang tingkat keparahan dan durasinya berbeda-beda.

Cara Mengatasi Bersendawa Terus Menerus dan Berlebihan

Ada dua penyebab utama bersendawa, yaitu : menelan udara berlebih saat makan atau kita memiliki kondisi sistem penceranaan yang tidak baik dari makanan yang menghasilkan kelebihan produksi gas dalam sistem pencernaan.

Bersendawa terkadang pula dikaitkan dengan kondisi medis pada penyakit tertentu, seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD), fruktosa malabsorpsi, gastritis, tukak lambung, asam lambung, dan penyakit celiac.

Meskipun bersendawa adalah fungsi tubuh secara alami, namun bisa agak sedikit memalukan dan bahkan membuat kita tidak nyaman jika bersendawa terus menerus dan berlebihan. Nah, untuk mecegah dan mengatasi bersendawa terus menerus dan berlebihan, kita dapat menggunakan beberapa pengobatan ala rumahan yang sederhana untuk membantu mengurangi pembentukan gas di dalam perut kita.

Catatan : Bersendawa sesekali adalah normal dan kita tidak perlu khawatir. Tapi jika kita bersendawa terus menerus dan berlebihan, maka bisa dipastikan kita sedang mengalami gangguan pencernaan.

Berikut adalah 7 cara mengatasi bersendawa terus menerus dan berlebihan secara alami.


Jahe

Cara Mengatasi Bersendawa Terus Menerus dan Berlebihan

Jahe merupakan pengobatan ala rumahan yang efektif untuk mencegah gas berlebihan di perut. Sifat karminatif di dalam jahe dapat membantu mengendurkan otot-otot pencernaan, sehingga bisa mencegah gas, bersendawam dan perut kembung. Jahe dapat melancarkan pencernaan, menenangkan perut, dan membantu meringankan sakit perut.

Cara 1 :
Masukan 1 sendok makan irisan tipis jahe ke dalam secangkir air panas. Tutup dan biarkan selama 10 menit. Kemudian, saring air tersebut dan tambahkan sedikit madu serta air lemon. Minumlah 2 atau 3 kali sehari.

Cara 2 :
Kita dapat mengkonsumsi suplemen jahe. Banyak produk suplemen jahe dipasaran. Namun, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin mengkonsumsi suplemen jahe dengan dosis yang tepat.

Pepermint

Cara Mengatasi Bersendawa Terus Menerus dan Berlebihan

Pepermint merupakan obat alami yang baik untuk mengobati sendawa yang berlebihan. Kandungan Antispasmodic di dalamnya mampu membantu mengendurkan saluran pencernaan, dan mengurangi pembentukan gas di dalam perut. Bahkan pepermint dapat meningkatkan aliran empedu, serta meningkatkan sistem pencernaan secara menyeluruh.

Caranya :
  • Masukan 1 sendok teh daun pepermint kering ke dalam secangkir air panas.
  • Biarkan selama 10 menit, dan kemudian saring.
  • Minum teh pepermint ini 2 atau 3 kali sehari.
Catatan :
Orang yang pernah memiliki riwayat penyakit batu empedu jangan mengkonsumsi ramuan ini.

Makanan Probiotik

cara mengatasi bersendawa terus menerus dan berlebihan

Makanan probiotik dapat membantu mengembalikan keseimbangan alami dari bakteri usus kita. Ketidakseimbangan bakteri di dalam sistem pencernaan kita dapat menyebabkan pembentukan gas dan bersendawa.

Makanan probiotik bahakan dapat mengobati masalah sistem pencernaan yang berbeda-beda, mulai dari sembelit, diare, dan iritasi usus kembung.

Caranya :
  • Konsumsi makanan probiotik terbaik, termasuk yogurt, buah kefir, kimchi, mentega, dan acar asam.
  • Kita bisa mengkonsumsi produk suplemen probiotik instan, tentunya setelah kita konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
 

Chamomile

cara mengatasi bersendawa terus menerus dan berlebihan

Ramuan lain yang bagus untuk mengobati bersendawa adalah chamomile. Meminum teh chamomile dapat melepaskan gas perut bukan melalui sendawa. Chamomile juga dapat membantu meringankan kram pada usus.

Cara 1 :
Kunyah beberapa polong kapulaga 2 atau 3 kali sehari untuk menghilangkan gas di perut.

Cara 2 :
Tambahkan satu sendok teh buah kapulaga yang telah ditumbuk dan masukan ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama 5  sampai 10 menit. Kemudian saring dan tambahkan madu kedalamnya. Minum ramuan ini setelah makan.

Adas

cara mengatasi bersendawa terus menerus dan berlebihan

Adas adalah salah satu obat tradisional untuk meredakan bersendawa. Sifat karminatif didalamnya dapat menenangkan saluran pencernaan dan mencegah pembentukan gas serta masalah pencernaan lainnya, seperti perut kembung dan mulas.

Cara 1 :
Kunyah setengah sampai 1 sendok biji teh biji adas kering yang telah dipanggang setelah makan, untuk mengurangi sendawa dan menghilangkan gas melalui saluran usus.
Cara 2 :
Tambahkan 1 sendok teh biji adas yang telah dihaluskan dan masukan ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama 10 menit, kemudian saring. Minum teh ini dua kali sehari.

Daun Kemangi

cara mengatasi bersendawa terus menerus dan berlebihan

Obat alternatif lain untuk mengobati bersendawa terus menerus dan berlebihan adalah kemangi. Kandungan alami zat antispasdiac dan karminatif di dalamnya mampu menghilangkan gas dan membantu meringankan masalah pencernaan lainnya, seperti nyeri perut, kembung dan gangguan pencernaan.

Cara 1 :
Kunyah daun kemangi 4-5 lembar setiap pagi untuk mencegah bersendawa.
Cara 2 :
Kita juga bisa meminum teh kemangi 2 atau 3 kali sehari. Untuk membuat teh herbal kemangi ini, masukan beberapa lembar daun kemangi ke dalam secangkir air panas, lalu biarkan selama 5 menit. Tambahkan madu dan minum.

Hindari Makanan Yang Menyebabkan Produksi Gas Dalam Perut


Segala usaha untuk mencegah dan mengobati bersendawa terus menerus dan berlebihan tidak akan efektif kecuali jika kita menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan gas di dalam perut. Makanan yang kaya karbohidrat dan makanan berlemak sering menimbulkan gas dan harus dikonsumsi secara terbatas atau dihindari dalam beberapa lama. Berikut beberapa makanan yang dapat menghasilkan gas di dalam perut :

  • Minuman berkarbonasi, bir dan anggur merah
  • Susu dan produk susu lainnya yang mengandung laktosa
  • Kacang-kacangan
  • Buah-buahan seperti, pisang, melon, aprikot, persik, pir, plum dan apel
  • Telur
  • Gula
  • Makanan kemasan yang mengandung laktosa, seperti roti dan sereal
  • Sayuran seperti kentang, asparagus, brokoli, mentimun, paprika hijau, bawang, kacang polong, lobak, kubis, dan kembang kol.

Tips Tambahan
  • Makanlah makanan dengan perlahan-lahan. Makan yang cepat dan terburu-buru dapat membuat kita menelan lebih banyak udara yang dapat menyebabkan bersendawa dan cegukan.
  • Mengunyah makanan dengan mulut tertutup dan menghindari berbicara ketika kita makan atau mengunyah.
  • Minumlah dengan perlahan untuk menghindari menelan udara yang berlebih.
  • Jangan gunakan sedotan untuk meminum minuman, terutama minuman yang berkarbonasi.
  • Hindari mengisap permen keras-keras.
  • Jika kita memakai gigi palsu, pastikan terpasang dengan benar. Pemasangan gigi palsu yang tidak benar akan membuat kita banyak menelan udara.
  • Berhenti merokok, asap rokok dapat menyebabkan kelebihan udara banyak tertelan.
  • Jogging cepat selama 10 sampai 15 menit setelah makan.
  • Kurangi stres yang berlebihan karena dapat mempengaruhi pernapasan dan menyebabkan banyak menelan udara. 
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengatasi Bersendawa Terus Menerus dan Berlebihan"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.