Cara Mengatasi Kaku dan Nyeri

caranugraha.com - Leher kaku, tegeng, nyeri, dan tegang adalah masalah umum yang diderita banyak orang. Leher kaku dan nyeri sering terjadi diakibatkan oleh posisi tidur yang salah, duduk didepan komputer dalam waktu yang lama, sering menahan otot karena postur tubuh yang tidak baik, atau sering membawa beban yang berat yang diletakan di bahu, sehingga leher mengalami penekanan.

Penyebab lainnya adalah kecemasan dan stres sehingga dapat menyebabkan ketegangan di otot leher, trauma atau kecelakaan juga dapat berpengaruh di leher, dan ada beberapa penyakit juga yang menyebabkan gejala leher kaku, seperti asam urat, meningitis dan kanker.

Ketika leher bermasalah maka gejala utama yang dirasakan adalah nyeri, rasa sakit dan kesulitan menggerakan leher, terutama ketika kita mencoba untuk menggerakan kepala ke arah samping. Selain itu, leher yang kaku sering menyebabkan sakit kepala, nyeri bahu, dan nyeri lengan.

Biasanya leher yang kaku bukan tanda dari masalah tubuh yang serius, akan tetapi leher yang kaku bisa menyulitkan akitifitas sehari-hari dan membuat kita kesulitan untuk istirahat atau tidur. Nah, jika kita kurang tidur, maka akan cenderung mudah terserang penyakit.

Leher yang kaku biasanya akan berkurang setelah beberapa hari atau beberapa minggu. Tapi, kita bisa mempercepat penyembuhan leher kaku dengan menggunakan pengobatan ala rumahan untuk meringankan rasa sakit dan kaku. Jika kita tidak mengalami perubahan demam yang tinggi dan masih mengalami leher yangs sakit, segera bawa ke dokter.

Berikut adalah cara mengatasi leher kaku dan nyeri.


Pijat


Dipijat adalah salah satu pilihan yang baik untuk mengatasi leher kaku. Pemijatan lembut akan membantu mengendurkan otot-otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga, akan membantu mengurangi rasa kaku di leher. Selain itu, pijatan akan membantu kita untuk tidur lebih baik.

Caranya :
  1. Mandilah dengan air panas terlebih dahulu untuk mengendurkan otot.
  2. Campurkan beberapa tetes minyak kelapa dan minyak zaitun.
  3. Lalu oleskan minyak tersebut pada daerah yang kaku.
  4. Pijatlah dengan lembut selama beberapa menit.

Jika kita tidak bisa melakukan pemijatan sendiri, kita bisa meminta bantuan dari teman atau dari terpis pijat.

Olahraga Leher


Melakukan olahraga leher dapat sangat bermanfaat untuk mengatasi leher yang kaku. Olahraga leher dapat mengurangi leher tegang.

Caranya :
  1. Duduklah dengan tegak, dan rileks-kan tubuh.
  2. Anggukan kepala kedepan (ke arah dada) dan ke belakang (ke arah langit). Ulangi gerakan ini selama beberapa menit.
  3. Lalu miringkan kepala secara bergantian ke arah bahu kiri dan kemudian ke arah bahu kanan. Ulangi gerakan ini beberapa menit.
  4. Tanpa menggerakan tubuh, perlahan-lahan putar kepala dan melihat ke arah kiri dan kemudian melihat ke arah kanan. Ulangi gerakan ini selama beberapa menit.
  5. Lalu akhiri olahraga leher ini dengan memutar kepala seperti lingkaran.

Catatan :
Jangan melakukan olahraga leher jika nyeri leher terlalu sakit.
Untuk mencegah leher yang kaku kembali kambuh, rajinlah berenang secara teratur. Berenang dapat meningkatkan kekuatan leher dan punggung. Namun, juga pastikan kita mengikuti teknik renang yang tepat dan tidak berlebihan saat olahraga renang.

Kompres Dengan Air Dingin


Leher akan terasa lebih nyaman dan tenang ketika dikompres dengan air dingin. Suhu yang dingin dapat membantu rasa sakit, mati rasa dan dapat membatasi penumpukan asam laktat dari metabolisme otot yang menyebabkan rasa sakit.

Caranya :
  1. Bungkus es batu dengan handuk tipis.
  2. Pegang dan kompres-kan pada leher yang kaku selama 10 sampai 15 menit.
  3. Ulangi setiap 2 jam sekali.
Catatan :
Jangan gunakan es secara langsung pada kulit, bungkuslah dengan handuk tipis terlebih dahulu.

Terapi Air Panas


Jika kita tidak bisa menggunakan kompres dengan air dingin, cobalah dengan air panas. Panas akan meningkatkan aliran darah, sehingga dapat mengurangi kaku di leher.

Cara 1 :
Letakan kompresan air panas pada leher selama 10 menit. Ulangi 3 atau 4 kali sehari sampai rasa kaku di leher berkurang. Kompres air panas bisa menggunakan handuk panas, botol panas, atau lainnya.
Cara 2 :
Mandi dengan air hangat, basahi leher dengan air hangat selama sekitar 5 menit. Jangan menggerakan leher ketika dibasahi dengan air hangat ini. Ulangi cara ini 2 atau 3 kali sehari.

Gunakan Kunyit


Kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan leher kaku. Kunyit juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

Caranya :
Campurkan 1 sendok kunyit bubuk ke dalam secangkir susu panas. Tunggu selama 5 menit, sampai susu campuran bubuk kunyit tersebut menjadi dingin. Kemudian campurkan sedikit madu. Minum 2 kali sehari selama beberapa hari.

Catatan :
Kunyit tidak cocok bagi penderita batu empedu.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengatasi Kaku dan Nyeri"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.