Makanan Yang Dapat Membersihkan Liver

Makanan Yang Dapat Membersihkan Liver - Liver yang normal memiliki bobot sekitar 3 pon pada orang dewasa dan liver merupakan salah satu organ vital tubuh. Liver memiliki banyak fungsi penting yang berhubungan dengan pencernaan, metabolisme, imunitas dan penyimpanan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk bertahan hidup.


Selain itu, liver merupakan kelenjar yang dapat menutrisi zat yang dibutuhkan oleh organ tubuh yang lain. Bahkan, liver adalah satu-satunya bagian tubuh kita yang merupakan organ sekaligus kelenjar.

Liver yang sehat dapat mengatur komposisi darah, menghilangkan racun berbahaya dari darah serta memproses dan mengkonversi nutrisi yang diserap oleh usus selama proses pencernaan sehingga menjadi energi yang dapat diperlukan tubuh. Liver juga dapat menyimpan beberapa vitamin, zat besi dan glukosa.

Liver juga melancarkan produksi insulin, hemoglobin dan hormon lainnya. Selain itu, liver dapat menghancurkan sel-sel darah merah tua dan menghasilkan zat yang dibutuhkan untuk darah.

Karena liver melakukan begitu banyak fungsi penting, maka sangat penting untuk menjaga liver tetap sehat. Gaya hidup tidak sehat dapat memperburuk fungsi hati, dan memperlambat proses pembuangan racun serta lemak.

Sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, kelelahan kronis, sakit kepala, masalah pencernaan, alergi dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang dapat membantu membersihkan liver, meregenerasi dan detoksifikasi hati, maka akan membantu menjaga hati kita tetap sehat dan berfungsi dengan cara yang baik.

Berikut merupakan makanan pembersih liver.


Bawang Putih


Bawang putih sangat bagus untuk membersihkan liver. Bawang putih mampu membantu mengaktifkan enzim dalam liver yang membantu membuang racun. Bawang putih juga berisi dua senyawa alami yang disebut allicin dan selenium, yang dapat membantu dalam proses pembersihan liver dan melindungi hati dari kerusakan akibat zat beracun.

Selain itu, bawang putih dapat mengurangi kolesterol dan trigliserida, yang dapat membebani liver dan menghambat fungsinya.

Untuk meningkatkan kesehatan liver, konsumsi bawang putih mentah segar, jangan mengkonsumsi bawang putih olahan atau bawang putih bubuk.

Caranya :
  • Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah setiap hari.
  • Kita juga dapat mengkonsumsi suplemen bawang putih, tetapi setelah kita berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Jeruk bali


Merupakan sumber yang baik dari vitamin C, pektin dan antioksidan, jeruk bali juga dapat membantu proses pembersihan liver secara alami.

Tak ketinggalan juga bahwa jeruk bali mengandung glutathione yaitu antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas dan mendetoksifikasi liver. Glutathione juga dapat membantu dalam mendetoksifikasi logam berat. Selain itu, naringenin flavonoid dalam jeruk membantu memecah lemak.

Caranya :

Minum segelas air jeruk bali atau menikmati buah jeruk bali secara langsung setelah makan.

Catatan :

Jika kita sedang melakukan pengobatan, konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah ini karena dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

Umbi Bit


Umbi bit adalah makanan lain yang kuat untuk membersihkan dan mendukung fungsi liver. Kandungan  flavonoid tinggi dan beta-karoten dalam umbi bit yang dapat membantu merangsang dan meningkatkan fungsi liver secara keseluruhan. Selain itu, umbi bit adalah pemurni darah alami.

Caranya :

Cukup tambahkan umbi bit segar atau air-nya untuk dalam menu harian.

Jeruk Nipis


Jeruk nipis dapat membantu mendetoksifikasi liver terutama karena mengandung antioksidan D-Limonene yang ada di dalamnya, sehingga dapat membantu mengaktifkan enzim dalam liver yang dapat membantu mendetoksifikasi tubuh.

Selain itu, jumlah vitamin C yang tinggi didalam jeruk nipis dapat membantu liver menghasilkan lebih banyak enzim untuk membantu pencernaan. Jeruk nipis juga dapat meningkatkan penyerapan mineral oleh liver.

Caranya :

Peras air jeruk nipis di rumah dengan menambahkan air jeruk nipis tersebut ke dalam 1 botol air. Kita bahkan dapat menambahkan air jeruk nipis cincang kedalam botol air minum tersebut. Minum air ini secara berkala. Jika diinginkan, tambahkan sedikit madu.

Teh Hijau


Dengan meminum teh hijau setiap hari, kita dapat membantu tubuh untuk membuang racun dan timbunan lemak, sekaligus meningkatkan tingkat hidrasi.

Sebuah penelitian ditahun 2002 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa katekin dalam teh membantu merangsang katabolisme lipid di liver. Sehingga dapat mencegah penumpukan lemak di liver. Minuman sehat ini juga dapat melindungi liver dari zat beracun yang dapat merusak tubuh seperti alkohol.

Teh hijau juga bermanfaat untuk mengobati atau mencegah penyakit liver. Menurut sebuah penelitian di tahun 2009 yang diterbitkan dalam Cancer Causes and Control, orang yang rajin meminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah menderita kanker hati.

Caranya :

Minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari. Jika diinginkan, tambahkan sedikit madu.

Catatan :

Hindari minum teh hijau secara berlebih karena dapat berdampak buruk pada hati dan bagian tubuh lainnya.

Alpukat


Alpukat mengandung bahan alami kuat yang dapat mengurangi kerusakan liver, menurut sebuah penelitian di tahun 2000 oleh American Chemical Society. Buah ini kaya akan glutathione yaitu senyawa yang dibutuhkan oleh liver untuk membersihkan racun berbahaya dan berfungsi dengan baik.

Tingginya jumlah lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat membantu mengurangi low-density lipoprotein atau kolesterol "jahat" dan meningkatkan high density lipoprotein atau kolesterol "baik". Sehingga liver dapat  mudah memproses kolesterol baik.

Selain itu, alpukat mengandung banyak mineral, vitamin dan nutrisi yang mendukung kesehatan liver secara keseluruhan dan membantu memecah lemak.

Caranya :

Makan 1-2 alpukat per minggu untuk beberapa bulan, agar kerusakan liver dapat diperbaiki.

Kunyit


Kunyit sangat efektif untuk membersihkan liver. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna lemak.

Kurkumin senyawa dalam kunyit yang dapat menghasilkan enzim untuk men-detoksifikasi liver primer. Enzim tersebut disebut glutathione S-transferase. Selain itu dapat membantu meregenerasi sel-sel hati yang rusak.

Caranya :

Campurkan ¼ sendok teh bubuk kunyit dalam segelas air dan didihkan. Minum dua kali sehari selama beberapa minggu.

Apel


Memakan apel setiap hari adalah rahasia di balik liver yang sehat. Apel merupakan sumber yang baik dari pektin, serat larut yang membantu mengeluarkan racun dari saluran pencernaan dan kolesterol dari darah, sehingga dapat mencegah liver bekerja terlalu berat.

Selain itu, apel mengandung asam malat, yang merupakan nutrisi pembersihan alami yang dapat menghilangkan karsinogen dan racun lainnya dari darah.

Semua jenis apel yang baik untuk liver, namun untuk membersihkan liver secara cepat pilihlah apel organik. Makan satu apel organik atau minum segelas jus apel segar setiap hari dapat membantu membersihkan liver.

Kenari


Tingginya jumlah asam amino l-arginin dalam kenari dapat membantu liver dalam mendetoksifikasi amonia. Selain itu, kenari mengandung glutathione dan asam lemak omega-3, yang dapat membantu proses pembersihan liver secara alami.

Menurut sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, polifenol dalam kenari dapat mencegah kerusakan liver yang disebabkan oleh karbon tetraklorida dan d-galactosamine.

Caranya :

Kunyah segenggam kenari sebagai camilan sehari-hari.

Brokoli


Mendukung proses pembersihan liver secara alami. Brokoli kaya akan zat glucosinolates, yang dapat membantu membuang karsinogen dan racun berbahaya lainnya dari tubuh.

Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli juga dapat meningkatkan proses pencernaan. Selain itu, mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan penting bagi liver untuk melaksanakan fungsinya.

Caranya :

Makan 1 cangkir brokoli 3 kali seminggu untuk menjaga liver tetap sehat.

Juga, untuk menjaga liver tetap sehat, para ahli kesehatan merekomendasikan menghilangkan atau mengurangi makanan hewani serta alkohol, gula halus, kafein dan makanan olahan. Selain itu, berhentilah merokok karena dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada organ tubuh yang berbeda, termasuk liver.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Makanan Yang Dapat Membersihkan Liver"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.