Obat Herbal Alami Alergi Makanan

Obat Herbal Alami Alergi Makanan - Pengobatan dengan cara alami ini adalah pengobatan tambahan, kita diharuskan tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa dan obat yang tepat.

Alergi makanan telah dialami 4-6 persen anak-anak Indonesia dan 4 persen orang dewasa setiap tahun, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Jika kita menderita alergi makanan, yang sebenarnya terjadi adalah sistem kekebalan  tubuh kita keliru dalam mengidentifikasi makanan tertentu atau zat sebagai sesuatu yang berbahaya bagi tubuh kita.


Secara alami, tubuh kita melepaskan antibodi untuk menetralkan zat asing. Sehingga menyebabkan sejumlah gejala alergi apabila makanan yang kita makanan diartikan oleh antibodi sebagai zat asing.

Gejala-gejala dari alergi makanan bisa ringan sampai parah dan mempengaruhi kesehatan kulit, saluran pencernaan, sistem kardiovaskular dan saluran pernapasan.

Kita juga dapat mengalami gejala seperti muntah, sakit perut, gatal-gatal, sesak napas, mengi, batuk berulang, ruam, pembengkakan bibir atau bagian lain dari tubuh, hidung meler dan pusing. Kebanyakan gejala terjadi dalam beberapa menit sampai satu jam setelah makan.

Secara umum ada makanan yang menyebabkan alregi pada orang-orang tertentu seperti termasuk telur, susu, kacang, kacang polong, kerang, gandum, jagung, kedelai dan stroberi.

Siapapun dapat berisiko mengalami alergi makanan. Faktor keturunan, faktor lingkungan, usia muda dan riwayat alergi makanan dapat menjadikan kita berpeluang tinggi untuk mengalami alergi makanan.

Alergi makanan bisa membuat kita khawatir. Nah, untuk membantu mengobati gejala alergi dan bahkan menyembuhkan alergi, ada banyak obat herbal alami ala rumahan yang bisa kita buat sendiri di rumah.

Inilah Obat Herbal Alami Alergi Makanan.


Hindari Alergi Makanan


Bagian penting dari mengurangi gejala alergi makanan adalah mengidentifikasi makanan yang menyebabkan alergi.

Untuk menindentifikasi makanan yang menyebabkan alergi, tuliskan semua yang kita sering makan atau minum 2 sampai 3 hari sebelum gejala alergi muncul. Kemudian, mencari makanan yang baru bagi tubuh kita. Jika sudah ketemu makanan yang menyebabkan alergi, maka hindarilah sampai kondisi kita membaik.

Kita dapat kembali mengkonsumsi makanan yang menyebabkan kita alergi secara perlahan-lahan, tetapi hanya setelah kita sembuh sepenuhnya. Jika alergi menyebabkan gejala lagi, yang terbaik adalah untuk menghindari makanan penyebab alergi tersebut dan jangan sampai memakannnya lagi.

Sebelum membeli jenis makanan, lebih baik membaca label dengan hati-hati supaya kita terhindar dari bahan-bahan makanan yang menyebabkan alergi. Juga, ketika memesan makanan di restoran, kita harus meminta daftar bahan-bahan masakannya.

Cuka sari apel


Karena cuka sari apel mengandung antihistamin dan mengandung sifat sebagai obat, maka cuka sari apel dapat membantu melawan banyak gejala alergi makanan.

Cuka sari apel dapat membantu memberikan beberapa nutrisi dalam tubuh, sehingga dapat mengatur respon kekebalan tubuh. Selain itu, cuka sari apel dapat membantu mengembalikan pH basa dalam tubuh.

Caranya :
  1. Tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel, tanpa menyaringnya dan masukan pada segelas air hangat.
  2. Campurkan 1 sendok teh madu asli dan air lemon.
  3. Minum ramuan ini 2 atau 3 kali sehari sampai kita merasa lebih baik.

Makanan Probiotik


Untuk meringankan gejala seperti sakit perut dan diare, makanlah lebih banyak makanan probiotik. Makanan probiotik mengandung sejumlah bakteri 'baik' (lactobacilli) yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan alami dari bakteri usus dan mengobati masalah pencernaan. Makanan probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan probiotik diantanranya adalah kefir, sauerkraut, miso, kimchi, tempe, yogurt dan sebagainya.

Jahe


Jahe sangat efektif untuk mengobati berbagai masalah gastrointestinal lambung yang berhubungan dengan alergi makanan. Anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri serta sifat-sifatnya didalam jahe dapat mencegah kejang pencernaan, mual, muntah, gangguan pencernaan serta diare.

Caranya :

Minum 2-3 cangkir teh jahe. Untuk membuat teh, masukan beberapa iris jahe dalam 2 gelas air mendidih selama 10 menit. Saring, tambahkan sedikit madu agar rasanya enak.

Jeruk Nipis


Jeruk nipis dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mencegah alergi makanan serta mengobati gejala alergi. Bahkan jeruk nipis berfungsi sebagai antitoksin untuk membantu membuang racun dari sistem penecernaan.

Caranya :
  1. Masukan air jeruk nipis dari 1 jeruk nipis yang diperas kedalam secangkir air hangat.
  2. Tambahkan sedikit madu dan aduk rata.
  3. Minumlah saat perut kosong di pagi hari.
  4. Lanjutkan setiap hari sampai gejala hilang.


Teh hijau


Teh hijau merupakan salah satu obat alami terbaik untuk mengobati gejala-gejala perut yang berhubungan dengan alergi makanan. Selain itu, teh hijau memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi dan antihistamin. Sehingga dapat membantu fungsi sistem pencernaan dengan baik serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya :
  1. Masukan 1-2 sendok teh teh hijau berkualitas baik ke dalam cangkir dan tuangkan air panas.
  2. Tutup dan biarkan hangat selama beberapa menit.
  3. Saring, lalu tambahkan madu dan lemon untuk menambah rasa.
  4. Minum 3-4 cangkir teh hijau sepanjang hari.

Bawang Putih


Bawang putih mengandung zat quercetin, antihistamin alami yang dapat sangat efektif dalam mengobati alergi makanan. Selain itu, anti-inflamasi, antibiotik, dan sifat antioksidan akan membantu mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan.

Caranya :
  • Kunyah 2-3 siung bawang putih mentah setiap hari untuk melawan berbagai gejala alergi.
  • Kita juga dapat mengkonsumsi suplemen bawang putih setelah berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Makan Makanan Yang Kaya Vitamin C


Makanan yang kaya vitamin C dapat membantu memberikan manfaat antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat mencegah pembentukan histamin dan membantu membuang racun dari tubuh.

Caranya :

Sertakan lebih banyak buah dan sayuran kaya vitamin C dalam menu makanan harian. Beberapa sumber yang baik dari vitamin C adalah jeruk lemon, jeruk, brokoli, jeruk, kiwi, paprika, stroberi, kubis dan tomat. Namun, pastikan bahwa kita tidak alergi terhadap salah satu dari makanan vitamin C tersebut.

Kita juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C setiap hari, tetapi setelah kita berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Tips tambahan

  • Untuk gejala reaksi kulit ringan, mandilah dengan air dingin atau mengkompresnya dengan air dingin. Pakai pakaian yang longgar dan bersih agar tidak mengiritasi kulit.
  • Banyak istirahat dan tidur yang cukup untuk mempercepat penyembuhan.
  • Berjemur pada sinar matahari pagi untuk membantu tubuh kita memproduksi vitamin D, yang dapat membantu memodulasi respon imun.
  • Vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, jadi makan makanan yang kaya vitamin E seperti tahu, bayam, almond, biji bunga matahari, alpukat, udang, rainbow trout, minyak zaitun dan brokoli.
  • Secara berkala, perbanyak minum air untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Obat Herbal Alami Alergi Makanan"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.