Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan - Mie instan sudah menjadi makanan favorit semua orang. Mie instan sangat mudah dimasak dan sangat lezat ketika dihiasi dengan topping atau penyajian yang tepat.

Anak-anak pun sesekali sering mengkonsumsi makanan mie instan ini. Biasanya orang tua yang agak sibuk bekerja sering menyajikan mie instan ini untuk makan malam, karena memasaknya mudah dan rasanya lezat. Mie instan juga sering dijadikan bekal untuk anak-anak disekolah.

Selain itu, mie instan  juga mempunyai keunggulan yang lain yaitu harganya yang murah meriah. Tidak heran mie instan adalah makanan yang cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswa.

Pendududk Cina, Indonesia dan Jepang adalah konsumen tertinggi mie instan di dunia, menurut sebuah estimasi 2015 yang diterbitkan oleh World Instant Noodles Association.

Sudah dikenal dipulik bahwa mie instan tidak terlalu baik bagi kesehatan, namun juga tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan.

Namun, fakta yang telah berkembang secara ilmiah, ternyata mie instan sangatlah berbahaya.


Mie instan sebenarnya tidak mengandung nilai gizi. Dari seluruh tahap produksi mie instan, mulai dari bahan dasar, ke-higienisan, dan bungkusnya menjadi salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap kesehatan.

Berlawanan dengan keyakinan publik mengenai topping mie instan yang penuh dengan sayuran, katanya dapat meningkatkan nilai gizi pada mie instan, tetapi pada kenyataannya tidak bisa melawan efek kesehatan negatif dan tidak serta merta secara ajaib mengubahnya menjadi makanan yang sehat.


Berikut Beberapa Alasan Mengapa Mie Instan Tidak Baik Bagi Kesehatan.


Mengandung Bahan Pengawet Yang Berbahaya


Butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-Butylhydroquinone (TBHQ) adalah pengawet utama yang diitambahkan ke dalam mie instan untuk mencegah bau tengik dan menjaga mie instan tetap awet.

BHA ganda dan TBHQ bisa tiga lipat memperpanang umur mie instan ketika di simpan, menurut sebuah penelitian di tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Oil Chemist Society.

BHA adalah bahan kimia yang kemungkinan bisa berefek mengganggu sistem endokrin didalam tubuh. Sistem endokrin berfungsi untuk memproduksi dan regulasi hormon didalam tubuh, nah jika terjadi gangguan pada sistem endokrin cenderung merugikan kekebalan tubuh, saraf dan reproduksi yang tidak sehat.

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung


"Sindrom metabolik" didefinisikan sebagai sekelompok gejala yang meningkatkan kemungkinan seseorang tertular penyakit jantung, mengalami stroke dan diabetes.

Gejala-gejala ini termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, tingkat trigliserida tinggi, gula darah tinggi dan peningkatan lemak perut.

Wanita yang mengkonsumsi mie 2 atau 3 kali seminggu dilaporkan terjadi peningkatan prevalensi sindrom metabolik, menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Selanjutnya, penggorengan adalah salah satu proses produksi untuk membuat mie instan. Nah, jika mie semakin jenuh karena kelebihan lemak dari minyak, maka dapat menyebabkan meningkatnya terkena penyakit jantung.

Tinggi Lemak Jenuh


Segala jenis lemak berlebihan meningkatkan risiko obesitas, lemak jenuh yang sangat berbahaya karena dapat meningkatkan kadar low-density lipoprotein (LDL, atau kolesterol "jahat") dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

World Health Organization menganjurkan untuk menghindari lemak jenuh.


Tinggi Natrium


Garam yang kaya natrium sangat diperlukan mie instan untuk menambah rasa. Namun, jika terlalu banyak maka sangat berbahaya bagi kesehatan.


Natrium yang berlebih berhubungan erat dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, gagal jantung dan stroke.

Mengandung Monosodium Glutamate (MSG)


Tidak semua mie instan mengandung MSG, tetapi kebanyakan merek mie instan memakai MSG sebagai bahan rasa untuk memperlezat mi instan.

MSG adalah penambah rasa, sangat populer dalam masakan Cina, Jepang dan Korea.

Sejak tahun 1960-an, orang-orang yang secara teratur mengkonsumsi MSG dalam masakan Asia melaporkan sakit kepala parah, mulut dan leher mati rasa, nyeri dada dan berkeringat berlebihan dan meningkatnya berat badan. Orang yang telah mengalami penyakit karena MSG ini kemudian disebut dengan  "Chinese Restaurant Syndrome."
menghilangkan bopeng

0 Response to "Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.