Cara Alami Memutihkan Lutut dan Siku Tangan

Cara Alami Memutihkan Lutut dan Siku Tangan - Mempumnyai warna kulit gelap di lutut dan siku tangan bisa membuat penampilan berkurang. Apalagi untuk kaum wanita yang sering mengenakan gaun lengan pendek dan atasan serta rok dan celana pendek.

Kulit di sekitar siku dan lutut biasanya lebih tebal dan memiliki banyak lipatan dari kulit sekitarnya. Juga, karena tidak ada kelenjar minyak di wilayah lutut dan siku tangan, terlebih tektur kulitnya cenderung lebih kering. Jadi, ketika perawatan yang tepat dan kebersihan tidak terjaga dengan baik, maka kulit di lutut dan siku menjadi lebih gelap daripada bagian lain.

Ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab siku dan lutut berwarna gelap, seperti sering terpapar sinar matahari, faktor genetik, kulit kering, ketidakseimbangan hormon, obesitas, penumpukan kulit mati dan meningkatnya pigmen melanin.

Ada beberapa cara alami memutihkan lutut dan siku tangan yang bisa kita lakukan di rumah.

Minyak Kelapa


Minyak kelapa adalah obat yang sangat baik untuk memudarkan lutut dan siku yang hitam. Minyak kelapa memiliki vitamin E yang dapat membantu meringankan warna kulit dan mencegah kekeringan dengan menjaga kulit tetap lembab. Bahkan minyak kelapa bisa memperbaiki kulit gelap dan rusak.

Caranya :
  • Setelah setiap mandi, oleskan minyak kelapa pada lutut dan siku dan pijat dengan lembut selama 1 sampai 2 menit. Lakukan cara ini beberapa kali sehari untuk mencegah kekeringan.
  • Atau, siapkan campuran 1 sendok teh minyak kelapa dan ½ sendok teh air jeruk nipis. Lalu oleskan dan gosokkan pada siku dan lutut, serta biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bersihkan dengan handuk. Lakukan cara ini sekali sehari.
  • Kita juga dapat mencampurkan minyak kelapa dengan 1 sendok makan bubuk kenari. Oleskan dan gosok pada kulit di sekitar lutut dan siku 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Air Jeruk Nipis


Air jeruk nipis memiliki bleaching alami serta sifat exfoliating yang baik. Juga, memiliki sejumlah  vitamin C tinggi yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Jeruk nipis juga dapat meregenerasi sel kulit yang sehat.

Caranya :
  • Oleskan air jeruk nipis pada siku dan lutut serta pijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar 20 menit. Lalu cuci siku dan lutut dengan air hangat dan oleskan lotion pelembab.
  • Atau, campur air jeruk nipis dari 1 jeruk nipis dengan 1 sendok makan madu. Oleskan pada siku dan lutut serta biarkan selama 20 menit. Kemudian cuci siku dan lutut dengan air hangat.
Selama pemutihan dengan menggunakan jeruk nipis, lutut dan siku dilarang terkena sinar matahari.

Yogurt


Yogurt mengandung asam laktat yang dapat membantu mencerahkan warna kulit. Yogurt juga dapat membersihkan dan melembabkan kulit.

Caranya :
  • Campurkan 1 sendok teh yogurt polos dan cuka secukupnya. Oleskan pada daerah siku dan lutut serta biarkan kering. Bilas dengan air hangat, keringkan dan oleskan pelembab. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa minggu.
  • Atau, campurkan 2 sendok makan tepung terigu dan 1 sendok makan yogurt polos. Oleskan pada siku atau lutut yang gelap dan biarkan selama 20 menit. Kemudian, gosok dengan jari basah dan bilas dengan air. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali seminggu.

Gula Putih


Untuk mengurangi warna gelap kulit lutut dan siku, kita juga dapat menggunakan gula sebagai scrub buatan sendiri. Butiran gula dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit.

Caranya :
  1. Campur gula putih dan minyak zaitun dalam jumlah yang sama.
  2. Oleskan campuran tersebut pada lutut dan siku dan gosokkan dengan gerakan melingkar selama 5 menit.
  3. Lalu bersihkan siku dan lutut dengan sabun lembut dan air hangat.
  4. Lakukan cara ini sekali sehari sampai warna kulit di sekitar lutut dan siku terlihat cerah.
  5. Ulangi perawatan ini seminggu sekali.

Baking Soda


Baking soda bisa dijadikan sebagai pembersih yang lembut, sehingga sangat efektif untuk memutihkan lutut dan siku yang hitam. Bakin soda juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi hiper-pigmentasi yang terbentuk di sekitar lutut dan siku.

Caranya :
  1. Siapkan campuran 1 sendok makan susu dan baking soda.
  2. Oleskan pada siku dan lutut serta gosokkan dengan gerakan melingkar selama 2 sampai 3 menit.
  3. Lalu cuci siku dan lutut dengan air hangat.
  4. Ulangi cara ini setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Lidah Buaya


Lidah buaya adalah pemutih alami kulit yang juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab. Lidah buaya dapat membantu menjaga warna kulit putih dan mempercepat perbaikan sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

Caranya :
  1. Ambil gel pada lidah buaya.
  2. Oleskan pada siku dan lutut.
  3. Biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat.
  4. Lakukan cara ini 1 atau 2 kali sehari selama beberapa minggu.

Kunyit


Kunyit juga sangat dianjurkan untuk memutihkan siku dan lutut yang gelap. Kunyit dapat membantu mempertahan kulit putih dan menambahkan kecerahan pada kulit.

Caranya :
  • Campurkan sedikit bubuk kunyit  dengan 1 sendok teh krim susu. Oleskan pada lutut dan siku dan pijat selama beberapa menit. Biarkan hingga kering, kemudian cuci dengan air hangat.
  • Atau, mencampur bubuk kunyit dan tepung terigu dalam jumlah yang sama. Lalu tambahkan sedikit air mawar. Lalu pijat siku dan lutut memakai ramuan tersebut. Biarkan sampai kering. Lalucuci dengan air hangat.

Ulangi salah satu dari cara diatas sekali dalam sehari. Dalam 1 sampai 2 minggu, maka akan terlihat hasilnya.

Mentimun


Mentimun memiliki sifat pemutihan alami yang dapat membantu memudarkan siku dan lutut yang gelap. Juga, mentimun dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan dapat menghilangkan kotoran dari lapisan kulit terluar pada siku dan lutut.

Caranya :
  • Gosok lembut siku dan lutut dengan menggunakan irisan mentimun yang tebal selama 10 menit. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari.
  • Atau, campur air mentimun dan air jeruk nipis dalam jumlah yang sama. Tambahkan bubuk kunyit sedikit. Oleskan pada lutut dan siku. Biarkan selama 20 sampai 30 menit, lalu cuci dengan air. Lakukan cara ini setiap hari.

Tips tambahan

  • Gosokkan irisan kentang tebal pada lutut dan siku selama 5 menit setiap hari sebelum mandi.
  • Kita dapat menggosok sepotong kecil pepaya matang ke kulit untuk mendapatkan kulit lembut dan lentur.
  • Lindungi lutut dan siku dari sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari (UV) dengan memakai tabir surya secara rutin.
  • Memakai pakaian lengan panjang ketika kita berada di luar.
  • Minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari untuk mendapatkan kulit lembut dan sehat.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Alami Memutihkan Lutut dan Siku Tangan"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.