Cara Alami Mengobati Radang Sendi

Cara Alami Mengobati Radang Sendi - Secara medis radang sendi disebut Rheumatoid Arthritis yaitu gangguan inflamasi kronis yang biasanya mempengaruhi selaput sendi kecil seperti jari tangan dan kaki. Seiring dengan waktu, bahkan dapat menyebar ke lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul dan bahu. Sehingga, dapat mengakibatkan erosi tulang dan deformitas sendi.

Radang sendi sering terjadi pada wanita daripada pria. Radang sendi bisa terjadi pada orang di atas usia 40 tahun, namun, orang dewasa muda dan bahkan anak-anak pun dapat mengalaminya.


Faktor risiko penyebab radang sendi termasuk faktor geneti (riwayat keluarga), faktor lingkungan seperti merokok, paparan silika mineral dan penyakit periodontal kronis.

Rheumatoid arthritis atau radang sendi merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh malah menyerang lapisan membran yang mengelilingi sendi (sinovium). Belum diketahui mengapa proses terjadinya penyerangan sistem kekebalan tubuh tersebut.

Gejala radang sendi biasanya muncul secara berulang, misalnya besok sembuh besoknya lagi kambuh. Nah, yang pasti ketika jaringan tubuh yang meradang, radang sendi akan kambuh dan menyebabkan gejala termasuk nyeri otot dan sendi, pembengkakan, kaku di pagi hari, dan kelelahan. Ketika peradangan jaringan mereda, maka radang sendi menjadi lenyap dan tidak menimbulkan gejala nyeri sendi.

Belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan radang sendi sepenuhnya. Namun,masih ada banyak pengobatan alami yang bisa kita buat sendiri untuk membantu meredakan gejala nyeri sendi.

Berikut Cara Alami Mengobati Radang Sendi


Olahraga


Olahraga teratur adalah salah satu langkah pertama yang perlu kita lakukan untuk melawan gejala radang sendi. Olahraga akan membantu mengurangi kelelahan, memperkuat otot dan meningkatkan jangkauan gerak.

Plus, olahraga dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis dan membantu melawan depresi, yang dapat mengganggu siapa pun menghadapi radang sendi.

Caranya :

Tiga jenis olahraga yang sangat membantu :
  1. Olahraga gerak kaki harus dilakukan setidaknya 30 menit setiap hari.
  2. Olahraga kekuatan seperti push up harus dilakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu.
  3. Olahraga daya tahan (cardio atau aerobik)  harus dilakukan minimal 30 menit, 3 atau 4 kali dalam seminggu.

Jika diperlukan, berkonsultasi dengan ahli olahraga tentang bagaimana memulai program olahraga dan menanyakan olaharga jenis apa yang harus dilakukan dan olahraga jenis apa yang harus dihindari.

Mengkompres Dengan Air Dingin dan Air Panas


Bolak-balik mengkompres dengan air panas dan air dingin juga dapat membantu mengatasi gejala radang sendi. Kompresan dengan air panas akan mengurangi rasa sakit dengan merelaksasi otot dan sendi, sedangkan kompresan dingin akan menumpulkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan sendi dan peradangan.

Caranya :
  1. Masukan handuk pada  air panas untuk kompres panas.
  2. Bungkus beberapa es batu di handuk tipis untuk kompres dingin.
  3. Letakan kompres panas pada daerah yang terkena radang sendi selama sekitar 3 menit.
  4. Lalu lepaskan dan segera letakan kompres dingin di daerah yang terkena sendi selama sekitar 1 menit.
  5. Ulangi proses pergantian kompresan ini selama15 sampai 20 menit beberapa kali sehari sampai radang sendi mereda.

Catatan : Hindari kompresan panas jika daerah yang terkena radang sendi berwarna merah, panas, dan nyerinnya tajam. Jangan gunakan terapi dingin jika memiliki masalah peredaran darah.

Minyak Ikan


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi akibat radang sendi. Minyak ikan memiliki kandungan omega-3 asam lemak - EPA dan DHA - yang memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh dan dapat membantu mengurangi rasa sakit. Juga, minyak ikan dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung.

Caranya :
  • Konsumi minyak ikan 2,6 gram dua kali sehari.
  • Atau mengkonsumsi ikan air dingin, seperti tuna dan salmon, dalam menu makan.

Catatan : Konsultasikan dahulu dengan dokter apabila ingin mengkonsumsi produk suplemen minyak ikan karena dapat mengganggu kinerja obat-obatan tertentu.

Kunyit


Untuk membantu memerangi gejala radang sendi, kita dapat menggunakan kunyit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-rematik yang dapat bekerja lebih baik daripada obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID).

Kunyit dapat mencegah peradangan sendi dengan memblokir enzim dan sitokin yang menyebabkan peradangan tertentu.

Caranya :
  • Masak 1 liter air sampai mendidih. Tambahkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan didihkan selama 10 menit. Biarkan hingga dingin dan minum sekali atau dua kali sehari.
  • Atau, kita dapat mengkonsumsi 500 sampai 1.000 mg kapsul kunyit 3 kali per hari. Konsultasikan dahulu dengan dokter.
  • Kita juga bisa tambahkan bubuk kunyit dalam masakan sehari-hari sebagai manfaat tambahan untuk mengurangi radang sendi.

Catatan : Hindari dosis tinggi dalam mengkonsumi kunyit karena dapat menyebabkan darah menjadi encer dan membuat sakit perut.

Cuka Sari Apel


Cuka apel juga sangat efektif untuk mengurangi gejala radang sendi. Cuka sari apel kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium dan fosfor, sehingga membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Caranya :

Tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel mentah  dan 1 sendok teh madu ke dalam 1/2 cangkir air hangat. Minum sekali sehari.

Bawang Putih


Karena sifat anti-inflamasi yang kuat di dalamnya, bawang putih juga dianjurkan untuk dapat mengobati penyakit radang sendi. Bawang putih dapat menghambat produksi zat pro-inflamasi yang dikenal sebagai sitokin, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Juga, bawang putih dapat menghambat pembentukan radikal bebas sehingga dapat menyebabkan kerusakan sendi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Untuk penderita radang sendi, bawang putih mentah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Caranya :
  • Makan 1-2 siung bawang putih mentah setiap hari.
  • Kita  juga dapat mengkonsumsi kapsul bawang putih. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan dengan dokter. 
 

Jahe


Dalam pengobatan Ayurvedic serta naturopati, jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati penyakit inflamasi seperti radang sendi. Gingerol, senyawa dalam jahe, memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, peradangan dan pembengkakan.

Caranya :

Gosokkan sedikit minyak jahe pada daerah yang terkena radang sendi. Kemudian jemur area radang sendi pada sinar matahari selama 5 sampai 10 menit untuk menghasilkan kehangatan dan panas. Lakukan cara ini secara teratur.
  • Kunyah beberapa iris jahe segar setiap hari.
  • Kita juga bisa menambahkan jahe dalam makanan atau minum 2 sampai 3 cangkir teh jahe setiap hari.

 

Pijat


Jika pemijatan dilakukan dengan benar, maka dapat mengendurkan otot kaku dan memgurangi rasa sakit akibat radang sendi. Pijatan akan merangsang sirkulasi darah, untuk mengurangi peradangan.

Caranya : 
Pijat pada daerah yang terkena radang sendi 2 atau 3 kali sehari selama beberapa menit setiap kali.

Tips Tambahan

  • Setidaknya sekali sehari, gerakan sendi yang terkena radang sendi. Namun, jangan berlebihan, jika gerakannya menyebabkan rasa sakit jangan dilakukan.
  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari sendi yang terkena radang dalam posisi yang sama terlalu lama.
  • Jika kelebihan berat badan, menurunkan berat badan akan membantu sendi merasa lebih baik.
  • Pastikan untuk mendapatkan asupan yang cukup akan vitamin D, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, magnesium dan asam lemak omega-3.
  • Berhenti merokok dapat mengurangi risiko komplikasi radang sendi.
  • Berhenti minum Alkohol karena dapat memperburuk kondisi radang sendi.
  • Tetap  untuk mengalihkan perhatian otak Anda dari perasaan sakit.
  • Makan ceri segar setiap hari.
  • Mandi dengan air hangat atau selama 10 sampai 15 menit sebelum tidur agar tidur nyenyak.
  • Minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Alami Mengobati Radang Sendi"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.