Cara Mengatasi Mulut Kering, Bibir Pecah-Pecah, dan Mulut Bau

Cara Mengatasi Mulut Kering, Bibir Pecah-Pecah, dan Mulut Bau - Mulut kering, secara medis dikenal sebagai xerostomia, merupakan masalah kesehatan umum yang dialami oleh banyak orang. Kekeringan di mulut dapat disebabkan perubahan kadar saliva atau aliran air liur yang berkurang.

Mulut kering merupakan gejala dari kelenjar ludah yang tidak berfungsi dengan baik. Kelenjar ludah yang tidak berfungsi dengan baik sering dikaitkan dengan penuaan, dehidrasi, stres, kecemasan, mendengkur, depresi, merokok atau minum alkohol. Ibu hamil atau menyusui juga mungkin mengalami mulut kering akibat dehidrasi dan perubahan hormonal.


Mulut kering juga dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati depresi, nyeri saraf (neuropati) dan kecemasan, serta beberapa antihistamin, dekongestan, relaksan otot dan obat nyeri. Penyebab lain dari mulut kering dapat termasuk pengobatan kemoterapi, terapi radiasi, diabetes, kerusakan saraf dan penyakit autoimun.

Beberapa gejala mulut kering meliputi mulut kasar dan kering, air liur kental, lidah kasar, haus yang berlebihan, ada luka dimulut, bau mulut, hilangnya rasa, bibir pecah-pecah dan kesulitan mengunyah, berbicara atau menelan.

Mulut kering bisa sangat menjengkelkan, terutama karena rasa lengket dan kering di mulut. Mulut kering dapat dengan mudah diobati dengan merubah gaya hidup sehat dan dengan cara alami. Pastikan untuk melakukan pengobatan setiap hari sampai gejala mulut kering hilang.

Berikut Cara Mengatasi Mulut Kering, Bibir Pecah-Pecah, dan Mulut Bau

Tingkatkan Asupan Cairan


Dehidrasi adalah salah satu penyebab di balik mulut kering. Jadi, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah meningkatkan asupan cairan untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Hidrasi yang tepat akan memudahkan tubuh untuk memproduksi air liur lebih banyak dan membantu menghilangkan gejala mulut kering.

Caranya :
  • Minum air yang cukup sepanjang hari.
  • Makan buah dan sayuran yang memiliki kandungan air banyak seperti nanas, semangka dan mentimun.
  • Minum 1-2 gelas air kelapa setiap hari.
  • Minum teh herbal seperti teh hijau atau teh chamomile.
  • Makan makanan lunak dan cair seperti rebusan dan sup.

Hindari minuman berkafein, soda dan minuman beralkohol karena dapat meningkatkan tubuh menjadi dehidrasi.

Cabe Rawit


Cabe rawit dapat merangsang produksi air liur, sehingga cabe rawit merupakan solusi terbaik untuk mulut kering. Selain itu, dapat membantu meningkatkan selera makan yang lebih baik karena dapat membedakan rasa asam, manis, asin dan pahit.

Caranya : 
  • Tekan sedikit cabe rawit pada jari basah, kemudian gosokkan di sekitar lidah. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar selama beberapa waktu, tetapi akan merangsang kelenjar ludah.
  • Atau, taburi cabai rawit bubuk dalam sup, salad dan hidangan lainnya.


Biji Adas


Flavonoid dalam biji adas dapat merangsang aliran air liur, sehingga dapat membantu menghilangkan mulut kering. Ditambah, rasa aromatik biji adas dapat membantu menghilangkan bau mulut yang menyertai mulut kering.

Caranya :

Kunyah biji adas beberapa kali sehari untuk mengobati mulut kering.

Lidah Buaya


Obat kuno untuk mengobati mulut kering adalah lidah buaya. Lidah buaya dapat membantu melindungi jaringan sensitif di mulut dan meningkatkan selera makan.

Caranya :

  • Minum ¼ cangkir air lidah buaya setiap hari untuk menyembuhkan mulut kering.
  • Atau juga dapat membilas mulut dengan air lidah buaya beberapa kali sehari.
  • Pilihan mudah mengoleskan secara langsung gel lidah buaya pada mulut menggunakan kapas. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas mulut dengan air dingin. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali sehari.

Jeruk nipis


Air jeruk nipis dapat merangsang produksi air liur dan mengurangi mulut kering. Bahkan, sifat asam dari jeruk nipis dapat membantu membersihkan mulut dan menghilangkan bau mulut.

Caranya :

Campur air jeruk nipis dan sedikit madu ke dalam segelas air. Minum air ini sepanjang hari untuk mencegah dehidrasi.

Jahe


Jahe dapat digunakan untuk mengobati mulut kering. Jahe tampaknya sangat efektif dalam merangsang air liur dan dapat membuat mulut terasa segar.

Caranya :
  • Kunyah sepotong kecil jahe segar secara perlahan. Lakukan cara ini beberapa kali sehari untuk melawan gejala mulut kering.
  • Kita juga bisa minum 2 sampai 3 cangkir teh jahe dicampur dengan madu setiap hari untuk merangsang kelenjar ludah.

Tips tambahan

  • Hindari merokok dan mengunyah tembakau karena dapat menghambat produksi air liur.
  • Konsumsi permen bebas gula atau mengunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi air liur.
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan seperti diuretik, antihistamin dan dekongestan yang dapat menyebabkan mulut kering.
  • Berkumur dengan air garam hangat 3 atau 4 kali sehari.
  • Sesekali menghirup uap untuk membantu melembabkan hidung dan saluran udara.
  • Selain menyikat gigi, bersihkan juga lidah sehari-hari. Gunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluoride di dalamnya.
  • Minum air saat makan dan mengunyah makanan secara menyeluruh sebelum menelannya. Setelah makan makan, bilas mulut dengan air hangat.
  • Kurangi asupan makanan pedas dan asam karena dapat mengiritasi bagian dalam mulut.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengatasi Mulut Kering, Bibir Pecah-Pecah, dan Mulut Bau"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.