Cara Menghilangkan Kulit Mengelupas, Gatal, dan Iritasi

Cara Menghilangkan Kulit Mengelupas, Gatal, dan Iritasi - Kulit terdiri dari tiga lapisan - epidermis atau lapisan luar, dermis atau lapisan tengah dan hipodermis atau lapisan terdalam. Secara berkala, lapisan luar epidermis akan diganti dengan kulit baru dengan cara mengelupas secara alami oleh tubuh.

Kulit mati secara alami akan terkelupas. Proses pengelupasan kulit tersebut adalah bagian penting dan alami dari proses pembaruan kulit.

Namun, dalam beberapa kasus mungkin ada pengelupasan yang berlebihan pada wajah, jari-jari dan bagian tubuh lainnya. Hal ini dapat terjadi saat kulit terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, sehingga sinar ultraviolet yang berbahaya (UV) telah merusak lapisan atas kulit.

Cara Menghilangkan Kulit Mengelupas, Gatal, dan Iritasi

Pengelupasan kulit sangat sering bagi mereka yang mempunyai kulit kering. Sehingga dapat menyebabkan kulit bersisik dan meradang yang disertai rasa gatal dan iritasi.

Penyebab lain dari mengelupasnya kulit termasuk disebabkan oleh kondisi cuaca ekstrim, ruam kulit atau infeksi, alergi, eksim, psoriasis, kurap, dermatitis, sistem kekebalan tubuh lemah, beberapa jenis kanker, dan efek samping obat-obatan dan bahan kimia tertentu.

Terkelupasnya kulit tidak berbahaya. Namun, sangat menganggu penampilan, oleh karenya kita memerlukan solusi alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang mengelupas.

Berikut Cara Menghilangkan Kulit Mengelupas, Gatal, dan Iritasi


Minyak Zaitun


Minyak zaitun memiliki asam lemak kulit bergizi yang berfungsi sebagai pelembab yang sangat baik untuk kulit kering. Plus, vitamin E dalam minyak zaitun dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit.

Caranya :

  • Ambil sedikit minyak zaitun extra virgin dan hangatkan. Gosokan minyak zaitun hangat tersebut pada kulit yang mengelupas sambil di pijat lembut sehingga minyak bisa terserap oleh kulit. Lakukan cara ini tiga kali sehari sampai kondisi membaik.
  • Atau, campur dua sendok makan garam dengan minyak zaitun secukupnya. Gunakan campuran tersebut sebagai scrub untuk mengelupas sel kulit mati. Lakukan cara ini dua kali seminggu sampai kulit benar-benar sembuh sepenuhnya.

Lidah Buaya


Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan melembabkan yang membantu menghilangkan kulit mengelupas. Lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan, iritasi dan gatal.

Caranya :
  1. Campur dua sendok makan gel lidah buaya segar dengan sedikit minyak vitamin E.
  2. Oleskan campuran tersebut pada kulit yang mengelupas.
  3. Biarkan hingga kering sendiri, dan kemudian bilas dengan air hangat.
  4. Ulangi cara ini dua atau tiga kali sehari selama setidaknya satu minggu.

Susu


Susu sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit mengelupas. Susu berfungsi sebagai pelembab kulit alami, protein dalam susu memiliki efek menenangkan dan asam laktat akan mengurangi iritasi serta gatal.

Caranya :
  • Rendam kain lap ke dalam susu dingin dan peras susu. Letakan lap pada kulit yang mengelupas selama 10 menit. Kemudian cuci kulit dengan air bersih. Ulangi proses ini dua atau tiga kali sehari sampai kulit sehat lagi.
  • Atau, campur dua sendok makan susu dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini pada kulit yang mengelupas sambil dipijat lembut. Biarkan selama 10 menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari selama sekitar satu minggu.

Lemon dan Gula Pasir


Lemon merupakan astringent kuat, sehingga memiliki kemampuan untuk melarutkan sel-sel kulit mati dan membantu mengurangi kulit mengelupas.Ketika lemon dikombinasikan dengan gula pasir , maka akan menjadi scrub alami yang baik untuk kulit.

Caranya :
  1. Campur setengah cangkir gula pasir, air lemon dari setengah lemon, dan masing-masing satu sendok makan madu dan minyak zaitun.
  2. Oleskan campuran ini pada kulit dan gosok dalam gerakan melingkar selama beberapa menit.
  3. Bilas dengan air dingin.
  4. Ulangi pengobatan ini sekali atau dua kali seminggu sampai kulit mengelupas menghilang.

Mentimun


Mentimun adalah zat alami dan juga mengandung banyak air yang dapat membantu menjaga kulit dari kekeringan. Plus, efek dingin-nya mampu membantu meringankan iritasi dan gatal-gatal. Vitamin C dalam mentimun juga akan mengurangi sengatan matahari dan mempercepat perbaikan kulit.

Caranya :
  • Parut satu mentimun dan maskerkan pada kulit yang mengelupas. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari selama satu atau dua minggu untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Atau, campurkan satu mentimun yang telah dikupas dan dua sendok makan gel lidah buaya kemudian di blender. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang mengelupas. Biarkan selama 10 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali sehari sampai masalah kulit mengelupas teratasi.

Minyak kelapa



Minyak kelapa merupakan salah satu solusi terbaik untuk kulit mengelupas. Minyak kelapa memiliki asam lemak kulit yang bergizi berfungsi sebagai pelembab kulit yang sangat baik. Juga, kandungan antioksidan di dalamnya mampu membantu mengurangi gatal dan iritasi.

Caranya :
  1. Hangatkan sedikit minyak kelapa asli.
  2. Gosokkan minyak kelapa hangat tersebut pada daerah kulit yang mengelupas sambil dipijat lembut sehingga minyak dapat diserap oleh kulit.
  3. Lakukan pengobatan sederhana ini dua atau tiga kali sehari dan kita akan melihat hasilnya dalam beberapa hari.

Madu



Madu dapat meremajakan kulit yang mengelupas. Madu mengandung fruktosa, air, minyak, glukosa dan enzim yang dapat membuat melembabkan kulit dengan baik. Madu juga mengurangi rasa gatal dan iritasi.

Caranya :
  • Gosokkan sedikit madu pada kulit yang mengelupas. Biarkan selama 10 sampai 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  • Atau, campur satu sendok teh setiap madu, bubuk kunyit dan bubuk kayu cendana. Oleskan campuran tersebut pada daerah kulit yang mengelupas, biarkan selama 30 menit dan kemudian cuci dengan air hangat.
Lakukan salah satu cara diatas dua atau tiga kali sehari selama satu minggu untuk membuat kulit lembut dan lentur.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Menghilangkan Kulit Mengelupas, Gatal, dan Iritasi"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.