Cara Mengobati Flu Perut, Gastroenteritis, Kram Perut dan Muntah

Cara Mengobati Flu Perut, Gastroenteritis, Kram Perut dan Muntah - Flu perut, atau gastroenteritis, adalah suatu kondisi dimana saluran pencernaan sedang meradang, biasanya flu perut merupakan akibat dari tertular infeksi virus. Ada empat virus yang secara umum dapat menyebabkan flu perut yaitu virus adenovirus, astrovirus, calicivirus dan rotavirus.

Flu perut dapat menular dan sering terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Penyakit flu perut dapat menyebar melalui kontak dengan seseorang atau sesuatu yang terkontaminasi dengan virus. Gejala biasanya muncul 48 jam setelah terpapar virus  selama dua sampai lima hari, atau pada kasus yang berat hingga 10 hari.


Mengalami penyakit flu perut adalah pengalaman yang sangat menyiksa. Gejala umum termasuk sakit perut, diare, mual, sakit kepala, nyeri tubuh, kram perut, demam ringan, kelelahan dan muntah.

Dalam kebanyakan kasus, bisa flu perut hilang dengan sendirinya. Untuk mempercepat pemulihan, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah beristirahat, menjaga tubuh dari dehidrasi dengan minum banyak air dan mengobati-nya dengan cara alami.

Berikut Cara Mengobati Flu Perut, Gastroenteritis, Kram Perut dan Muntah


Jahe


Dengan sifat anti-inflamasi alami didalamnya, jahe merupakan obat rumahan yang sangat efektif untuk mengobati flu perut. Plus, jahe merupakan antivirus alami yang akan membantu melawan virus yang menyebabkan flu perut.


Ramuan ini akan membantu pencernaan dan memberikan pertolongan dari mual, muntah, kram perut, dan kembung. Jahe juga dapat membantu mengurangi mencret.

Caranya :
  • Rebus satu sendok jahe segar cincang dalam 1,5 gelas air panas. Tutup dan biarkan selama sekitar 10 menit. Saring dan minum teh jahe tersebut perlahan-lahan. Minum beberapa kali dalam sehari sampai merasa lebih baik.
  • Kita bahkan bisa mengunyah sepotong kecil jahe segar beberapa kali sehari untuk menenangkan perut.

Catatan : Orang yang memiliki tekanan darah tinggi harus menghindari pengobatan dengan jahe.

Peppermint


Peppermint adalah ramuan alami yang banyak digunakan untuk melawan flu perut. Peppermint merupakan karminatif alami dan mengandung sifat antispasmodic yang dapat membantu menghilangkan gas dan kembung serta memberikan kesembuhan dari flu perut dan kram usus.

Caranya :
  • Tambahkan satu sendok teh daun peppermint kering ke dalam satu cangkir air mendidih. Diamkan selama 10 menit dan saring. Minum teh herbal ini empat atau lima kali sehari di antara waktu makan selama dua sampai tiga hari.
  • Kita juga dapat mengkonsumsi satu atau dua kapsul peppermint dua atau tiga kali per hari sampai gekala flu perut teratasi.

Kayu Manis


Kayu manis juga sangat efektif mengobati flu perut. Kayu manis adalah antibakteri yang kuat serta antivirus alami yang dapat menghancurkan bakteri atau virus di perut. Juga, sifat hangat kayu manis dengan cepat akan membantu menghilangkan demam, sakit dan nyeri dan membuat kita merasa lebih nyaman.


Caranya :

Tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis kedalam satu-setengah cangkir air mendidih. Biarkan selama lima menit, kemudian saring dengan kain halus. Tambahkan satu sendok teh madu. Minum teh kayu manis ini tiga atau empat kali sehari selama dua hari.
Atau, kita dapat mencampur satu setengah sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu murni dalam segelas air hangat. Minumlah sampai tiga kali sehari selama dua hari.

Cuka Sari Apel


Perawatan lain yang efektif untuk mengobati flu perut adalah cuka sari apel. Cuka sari apel dapat bertindak sebagai kandungan yang efektif melawan virus penyebab flu perut. Cuka sari apel juga merupakan sumber yang kaya pektin, yang dapat membantu menenangkan perut. Selain itu, dapat membantu mengobati sakit perut, mual, muntah dan gas.

Caranya :
  • Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air. Minum sebelum makan sampai gejala flu perut mereda.
  • Atau, tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dan madu ke dalam satu cangkir air hangat. Minumlah setiap beberapa jam sampai kita mulai merasa lebih baik.

Lemon


Karena efek asam pada lemon yang dianggap sebagai obat yang sangat baik untuk flu perut, maka dapat membunuh patogen yang menyebabkan flu perut. Plus, vitamin C dalam lemon serta sifat antimikroba didalamnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus.


Caranya :
  1. Campurkan 1-2 sendok teh air lemon segar ke dalam segelas air.
  2. Minum 30 menit sebelum makan.
  3. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh sepenuhnya.

Bawang Putih


Obat alami flu perut lainnya adalah bawang putih, karena sifat antibakteri dan antimikroba didalamnya. Juga, bawang putih dapat menenangkan lapisan perut, sehingga menghilangkan kram, gangguan pencernaan, kembung dan gas.

Caranya :
  1. Campurkan satu siung bawang putih segar cincang dengan satu sendok teh madu.
  2. Langsung makan ramuan tersebut.
  3. Ulangi dua atau tiga kali sehari selama dua hari untuk mempercepat penyembuhan.

Air Beras


Jika kita menderita diare dan sakit perut akibat flu perut, obat alami terbaik adalah air beras. Air beras adalah minuman hambar yang bertindak seperti penawar rasa sakit untuk membantu mengurangi peradangan pada lapisan lambung dan mengurangi rasa sakit.


Caranya :
  1. Rebus setengah cangkir beras putih dalam enam gelas air sampai beras lunak.
  2. Saring dan diamkan sampai dingin.
  3. Tambahkan satu setengah sendok teh madu dan bubuk kayu manis.
  4. Minum air tersebut setiap satu jam.
  5. Lakukan pengobatan ini selama seminggu.

Pisang


Pisang matang atau pisang mentah telah terbukti sangat membantu dalam pengobatan flu perut. Pisang mudah dicerna dan mengandung sejumlah kalium dan magnesium. Mineral dalam pisang merupakan dua dari elektrolit untuk tubuh, termasuk perut agar berfungsi dengan baik.

Caranya :
  • Jika kita mengalami diare, tumbuk satu pisang matang dan campurkan ke dalam satu sendok teh asam pulp dan sedikit garam. Makan ramuan ini dua kali sehari sampai merasa lebih baik.
  • Makan satu atau dua buah pisang matang setiap hari selama seminggu untuk memulihkan kesehatan pencernaan.
  • Kita juga dapat mencoba sup pisang mentah sebagai makanan hambar untuk membantu tubuh pulih dengan cepat.

Sebagian besar gejala flu perut akan mereda dalam waktu 48 jam. Jika kita masih tidak merasa baik setelah beberapa hari, segera temui dokter.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengobati Flu Perut, Gastroenteritis, Kram Perut dan Muntah"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.