Cara Mengobati Gigi Bengkak, Gusi Bengkak, dan Gigi Sakit

Cara Mengobati Gigi Bengkak, Gusi Bengkak, dan Gigi sakit - Gigi bengkak adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan adanya infeksi pada akar gigi atau antara gigi dan gusi. Gigi bengkak, gusi bengkak, dan gigi sakit biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam gigi melalui rongga gigi, lalu kemudian masuk ke dalam kepingan atau retakan gigi dan pada akhirnya bakteri menyebar keseluruh wilayah gigi sampai ke akar gigi. Sehingga menyebabkan nyeri, peradangan dan kantong nanah pada gigi dan gusi.

Dalam kebanyakan kasus, gigi bengkak disebabkan oleh kerusakan gigi yang parah atau penyakit gusi (gingivitis). Selain itu, kesehatan gigi yang buruk dan sering mengkonsumsi gula, karbohidrat dan makanan manis dapat berpeluang meningkatkan risiko mengembangkan masalah pada gigi.


Gigi berdenyut dan sakitnya seperti di tusuk-tusuk adalah gejala umum dari gigi bengkak. Tanda-tanda dan gejala lain meliputi nyeri ketika mengunyah makanan, peningkatan kepekaan terhadap makanan panas atau dingin dan minum, perubahan indera rasa, bau mulut, pembengkakan di pipi, gusi merah dan sakit, kesulitan membuka mulut, kesulitan menelan makanan, pembengkakan kelenjar getah bening di bawah rahang, dan demam.

Jika tidak diobati, maka infeksi dapat menyebar ke tulang pondasi gigi dan dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Terkadang, akibat dari infeksi, pulp di akar gigi akan mati, sehingga mengurangi rasa sakit. Namun, bagaimanapun, hal ini tidak berarti bahwa infeksi telah sembuh karena masih akan terus menyebar dan menghancurkan jaringan.

Jika kita melihat tanda-tanda gigi bengkak, berkonsultasilah dengan dokter gigi sesegera mungkin karena infeksi dapat menyebar. Nah, sebagai pengobatan tambahan, kita juga dapat mencoba beberapa pengobatan ala rumahan secara alami untuk membantu melawan infeksi dan mengurangi gejala sakit gigi.

Berikut Cara Mengobati Gigi Bengkak, Gusi Bengkak, dan Gigi Sakit.


Bawang Putih


Bawang putih memiliki sifat antibiotik anti-inflamasi alami yang sangat efektif untuk mengobati gigi bengkak. Dan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran infeksi.

Caranya :
  • Letakkan siung bawang putih segar di mulut dan hancurkan dengan gigi. Lalu kunyah sampai rasa sakit reda. Lalu bilas mulut dengan air hangat. Untuk mengurangi bau bawang putih, kita dapat menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam air hangat.  
  • Pilihan lain adalah untuk mencampur ½ sendok teh bubuk bawang putih dengan garam meja dan mengoleskannya langsung pada gigi yang terkena bengkak. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas mulut  dengan obat kumur.
  • Kita juga dapat menggosok minyak bawang putih pada gigi yang terkena bengkak .Ulangi pengobatan tersebut 3 atau 4 kali sehari selama beberapa minggu. 

Cengkeh


Cengkeh merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi segala masalah pada gigi, termasuk gigi bengkak. Cengkeh memiliki antiseptik, analgesik dan sifat antibakteri yang dapat membantu meringankan sakit gigi, peradangan dan nyeri di gusi.

Caranya :

Celupkan kapas dalam minyak cengkeh dan tahan pada daerah yang menyakitkan pada gigi selama beberapa menit.

Teh Hitam


Kantong teh hitam adalah obat alami yang baik untuk gigi bengkak. Teh hitam memiliki tanin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan kesehatan mulut yang baik.

Caranya :
  1. Rendam kantong teh hitam dalam air hangat selama beberapa menit.
  2. Keluarkan dari air, peras dan letakkan kantong teh pada gigi yang bengkak.
  3. Diamkan selama beberapa jam.
  4. Lalu bilas mulut dengan larutan garam-air hangat.
  5. Ulangi sekali sehari selama beberapa minggu.

Hidrogen Peroksida


Hidrogen peroksida memiliki desinfektan dan sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan gigi bengkak. Dan juga dapat membantu mengurangi peradangan serta nyeri. Selain itu, Hidrogen peroksida dapat membantu menghilangkan gigi kuning. Untuk kesehatan mulut, gunakan food grade, 3-persen larutan hidrogen peroksida saja.

Caranya :
  • Campur 2 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok makan air hangat. Lalu berkumur menggunakan larutan ini. Lakukan pengobatan ini 3 kali dalam seminggu.
  • Atau, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan hidrogen peroksida secukupnya. Lalu oleskan pada daerah gigi yang bengkak selama beberapa menit dan kemudian bilas mulut secara menyeluruh dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini beberapa kali dalam seminggu.

Cuka Sari Apel


Cuka sari apel merupakan obat alami yang sangat efektif untuk gigi bengkak. Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan disinfektan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Caranya :

  • Kumur 1 sendok makan cuka sari apel mentah selama beberapa menit. Pastikan untuk tidak menelannya. Kemudian bilas mulut dengan air hangat. Ulangi proses ini beberapa kali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur 1 sendok teh cuka sari apel mentah dengan segelas air dan minum dua kali sehari.

Air Garam


Garam memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, menghilangkan infeksi dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Caranya :
  1. Tambahkan 1 sendok teh garam atau garam halus ke dalam segelas air suam-suam kuku. Campur sampai garam larut sepenuhnya.
  2. Lalu berkumur menggunakan larutan garam tersebut
  3. Lakukan pengobatan ini 2 atau 3 kali sehari untuk membersihkan infeksi dan mengurangi rasa sakit.

Kunyit



Kunyit kaya akan antibiotik, antiseptik dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh gigi bengkak

Caranya :

  • Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air. Setelah menyikat gigi, oleskan campuran tersebut pada gigi bengkak. Diamkan 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Kita juga dapat mencampur 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh bubuk kunyit dalam segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.
  • Pilihan lain adalah mencampur ¼ sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok teh minyak zaitun atau mustard. Oleskan campuran ini pada gigi yang bengkak. Diamkan selama 15 menit sebelum membilas mulut dengan air hangat.

Ulangi masing-masing pengobatan tersebut dalam beberapa kali sehari.

Peppermint 


Peppermint memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan serta mencegah penyebaran infeksi.

Caranya :

Gosokkan beberapa tetes minyak peppermint pada gigi bengkak menggunakan ujung jari selama beberapa menit.

Tips tambahan

  • Letakkan kompres air dingin di pipi dekat gigi yang sakit selama beberapa menit untuk mengurangi nyeri.
  • Sikat gigi dua kali sehari.
  • Selalu gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mengurangi risiko terkena gigi bengkak.
  • Gunakan obat kumur antimikroba untuk membilas mulut dengan benar sehingga mencegah infeksi.
  • Mengganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan untuk memastikan pembersihan yang tepat pada gigi.
  • Berhenti merokok.
  • Hindari mengunyah terlalu banyak permen karet.
  • Batasi konsumsi makanan manis dan bilas mulut dengan benar setelah makan makanan manis.
  • Ketika kita sedang menderita sakit gigi atau infeksi, hindarilah kafein.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengobati Gigi Bengkak, Gusi Bengkak, dan Gigi Sakit"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.