Cara Merawat Jenis Kulit Sensitif

Cara Merawat Jenis Kulit Sensitif - Pusat Dermatologi bahwa jenis kulit sensitif sangat kering, rentan terhadap reaksi kulit seperti bisul, benjolan kulit atau erosi kulit dan memiliki kecenderungan memerah dan kulit wajah merah. Kulit yang kering tidak bisa lagi melindungi saraf kulit, sehingga menyebabkan reaksi kulit yang sensitif. Jika kita belum mengetahui jenis kulit kita, bacalah artikel cara mengetahui jenis kulit wajah.

Selain kekeringan, beberapa penyebab lain dari reaksi kulit sensitif adalah gangguan kulit atau reaksi alergi kulit, seperti eksim, rosacea atau dermatitis.


Paparan berlebihan oleh faktor lingkungan seperti matahari dan angin atau panas yang berlebihan atau dingin berlebihan juga dapat menyebabkan kulit sensitif menunjukan reaksi.

Kulit sensitif dapat bereaksi terhadap sinar matahari, bahan kimia dalam produk perawatan kulit, penggunaan berlebihan makeup dan dehidrasi. Plus, kulit sensitif lebih rentan terhadap kekeringan, gatal dan kemerahan. Tingkat sensitivitas kulit jenis ini bervariasi pada setiap orang.

Karena jenis kulit seperti ini sangat reaktif dan halus, makan perlu perawatan ekstra dan perhatian khusus. Merawat kulit sensitif membutuhkan kesabaran, tetapi setelah kita tahu bagaimana perawatannya dan sudah terbiasa, maka kita akan selalu dan senang melakukan perawatan karena hasilnya kulit akan sehat dan cerah bercahaya.

Berikut Cara Merawat Jenis Kulit Sensitif


Minum Air Lemon



Untuk kita yang memiliki kulit sensitif harus memulai hari  dengan segelas air lemon atau jeruk nipis. Vitamin C serta antioksidan di dalam lemon dapat membantu memerangi radikal bebas. Selain itu, air lemon dapat membersihkan racun dari darah, yang dapat membantu menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas dari jerawat, noda, keriput dan masalah lainnya.

Untuk membuat air lemon, peras air dari ½ lemon ke dalam segelas air hangat. Tambahkan madu mentah sedikit dan minum pada saat perut kosng setiap pagi. Tunggu minimal 30 menit, kemudian baru nikmati sarapan pagi.

Selain itu, minum air sepanjang hari secara teratur untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab dari dalam. Minum banyak air sepanjang hari juga dapat membuang racun.

Rajin Menggunakan Tabir Surya



Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit sensitif dari ultraviolet (UV) yang berbahaya dari sinar matahari. Namun, kebanyakan tabir surya mengandung bahan kimia atau endokrin yang dapat  membahayakan kulit sensitif, jadi gunakanlah tabir surya dengan bahan-bahan seperti seng oksida dan titanium dioksida.

Bahan-bahan ini dapat memberikan perlindungan dengan spektrum luas tanpa menimbulkan efek samping. Baik itu musim kemarau atau musim hujan, jangan meninggalkan rumah tanpa menggunakan tabir surya. Oleskan 20 sampai 30 menit sebelum pergi keluar rumah.

Selain itu, hindari berada di luar ruangan pada saat tengah hari ketika sinar matahari sedang terik, pakailah topi besar bertepi dan mengenakan pakaian longgar untuk menutupi kulit.

Hati-Hati Memilih Produk Perawatan Kulit



Baik itu pembersih, pelembab, sabun atau paket produk perawatan wajah, sangat perlu membeli produk yang tepat untuk kulit sensitif.

Hindari menggunakan perawatan kulit dan produk kosmetik yang mengandung alkohol, exfoliant yang keras, natrium lauril sulfat, petrokimia, asam, zat pewarna, atau wewangian sintetis karena ini dapat mengiritasi kulit.

Sebaliknya, pilih produk yang memiliki antioksidan kuat serta bahan anti-inflamasi seperti teh putih, teh hijau, lidah buaya, chamomile, tumbuhan laut, calendula dan gandum. Selain itu, lebih sedikit bahan dalam produk perawatan kulit, semakin baik untuk kulit sensitif.

Jika kita memiliki kesulitan menemukan jenis kosmetik dan produk perawatan kulit yang cocok, belilah produk kosmetik dengan label anti alergi dan tidak beraroma wangi.

Selalu melakukan tes patch sebelum membeli produk perawatan kulit baru. Jika kita tidak yakin tentang suatu produk, maka kosultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Gunakan Make Up Sederhana


Orang-orang yang memiliki kulit sensitif harus sangat berhati-hati saat membeli produk make up serta menerapkan tata rias.

Jika kulit memiliki kulit sensitif, gunakan bedak yang tidak mengandung bahan pengawet seperti silikon untuk mencegah iritasi kulit dan hindari menggunakan kosmetik tahan air.

Buang produk lama dan tidak berbagi makeup dengan orang lain. Juga, hindari menggunakan terlalu banyak make up.

Lembabkan Kulit Dengan Minyak Kelapa



Minyak kelapa asli dan murni merupakan pelembab alami untuk kulit sensitif. Minyak kelapa 
mengandung asam lemak yang dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan mencegah kekeringan. Minyak kelapa dapat menyerap dengan mudah ke dalam pori-pori, menutrisi kulit dengan gizi yang baik dan melembabkan kulit sampai dalam.

Selain itu, penyakit seperti psoriasis, dermatitis dan eksim dapat diatasi dengan minyak kelapa karena mengandung anti-inflamasi dan antimikroba. Bahkan minyak kelapa bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan sinar matahari.

Sebelum tidur, cukup oleskan minyak kelapa pada wajah, lengan dan kaki sambil dipijat lembut. Lalu cuci di pagi hari. Lakukan perawatan ini setiap hari ini untuk membuat kulit tetap lembut dan halus

Bersihkan Kulit Dengan Susu


Susu mentah adalah pembersih yang sangat baik untuk kulit sensitif. Selain itu, susu memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat membantu menghilangkan kulit kering dan gatal. Susu juga dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan meningkatkan warna kulit.

Untuk menggunakan susu sebagai pembersih, celupkan kapas ke dalam susu mentah dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 5 sampai 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Merawat Jenis Kulit Sensitif"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.