Cara Tradisional Mengobati Infeksi Telinga

Cara Tradisional Mengobati Infeksi Telinga - Infeksi telinga disebabkan oleh bakteri atau virus yang terjadi dibagian tengah telinga. Infeksi telinga lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Beberapa penyebab dan faktor yang menyebabkan infeksi telinga yaitu penumpukan kelenjar lilin, infeksi saluran pernapasan atas, alergi makanan, alergi lingkungan, sindrom alkohol, genetika, kekurangan gizi dan luka. Beberapa tanda umum bahwa seseorang menderita infeksi telinga adalah nyeri di telinga, telinga terasa tertarik, sulit tidur, sakit kepala, menderita gangguan suara, demam tinggi, cairan mengalir dari telinga, muntah, diare dan sebagainya.


Telinga terdiri dari tiga bagian: bagian luar, tengah dan dalam.

Cara Tradisional Mengobati Infeksi Telinga
Setiap bagian memiliki fungsi khusus yang membantu seseorang mendengar. Anda dapat melihat dalam diagram bahwa telinga luar yang berbentuk seperti daun menangkap gelombang suara. Di bagian luar dari telinga kita, ada bagian yang disebut sebagai pinna dan melalui bagian ini gelombang suara masuk ke dalam saluran telinga. Melalui saluran telinga gelombang suara mencapai gendang telinga yang terletak di bagian tengah. Selain itu, bagian tengah telinga juga memiliki organ telinga penting lainnya seperti hammer, anvil, stir up, semicircular, dan middle canal. Melalui middle canal, gelombang suara akan masuk ke bagian dalam dari telinga kita. Di bagian dalam telinga, ada bagian penting seperti koklea, tabung Eustachio, dan saraf. Gelombang suara dari kanal dikirim ke saraf sehingga otak dapat memproses suara. Setelah itu kita mampu mengenali suara dan memahaminya.


Infeksi telinga dapat terjadi pada salah satu dari tiga bagian telinga tersebut. Infeksi telinga bagian dalam yang paling serius. Sehingga penting dalam mengobati infeksi telinga untuk mencegah komplikasi, termasuk rusaknya telinga atau pecahnya gendang telinga. Infeksi telinga yang tidak diobati juga dapat menyebabkan kambuh secara kronis dan bahkan dapat menyebabkan ketulian! Sehingga penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter, tetapi untuk pertolongan pertama pada infeksi telinga Anda dapat mencoba beberapa perawatan alami. Ada banyak waktu untuk melakukan pengobatan ala rumahan sederhana dan mudah yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lain dari infeksi telinga.



Berikut Cara Tradisional Mengobati Infeksi Telinga


Garam


Tentu, garam pasti tersedia di rumah Anda.

Caranya :
  1. Panaskan satu cangkir garam di panci di atas api kecil selama beberapa menit.
  2. Tempatkan garam panas pada kain dan ikat ujung kain dengan karet.
  3. Nah, bungkusan garam dalam kain tersebut letakkan pada telinga yang infeksi sambil berbaring menyamping.
  4. Ulangi pengobatan ini setiap hari sebanyak yang diperlukan. Panas yang dihasilkan dari bungkusan garam tersebut akan membantu menarik keluar cairan dari telinga dan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Pilihan lain, Anda dapat menggunakan satu cangkir beras dengan cara yang sama seperti langkah yang dijelaskan di atas.

Bawang Putih


Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan menghilangkan rasa sakit, sehingga sangat efektif dalam pengobatan infeksi telinga. Ada beberapa cara untuk menggunakan bawang putih sebagai pengobatan infeksi telinga.

Caranya :
  • Buat minyak bawang putih dengan memasak dua siung bawang putih dengan dua sendok makan minyak wijen atau minyak mustard sampai bawang putih berubah kehitaman. Saring minyaknya. Ketika minyak agak hangat, gunakan 2-4 tetes minyak ini ke dalam telinga yang terinfeksi seperti tetes telinga.
  • Atau, Anda juga bisa merebus dua atau tiga siung bawang putih segar dalam air selama lima menit, kemudian hancurkan bawang putih dan tambahkan garam. Masukkan adonan ke dalam kain bersih dan letakkan pada telinga yang terkena.
  • Anda juga dapat mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah sekali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

Daun Kemangi


Anda juga dapat menggunakan daun kemangi untuk mengobati infeksi telinga. Daun kemangi dapat mengurangi rasa sakit pada telinga serta mengurangi infeksi.

Caranya :

Haluskan 4 sampai 5 daun kemangi untuk mendapatkan airnya. Masukan air daun kemangi tersebut pada telinga yang terinfeksi. Hindari air daun kemangi masuk ke telinga lebih dalam.


Cuka Sari Apel


Untuk menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan infeksi telinga, cuka sari apel adalah pilihan yang baik.

Caranya :
  1. Campur dalam takaran yang sama antara cuka sari apel dan air . Rendam bola kapas dalam larutan campuran tersebut.
  2. Tempatkan bola kapas di telinga Anda dan biarkan selama sekitar lima menit.
  3. Lepaskan bola kapas dan berbaring di sisi berlawanan dengan telingan yang terinfeksi untuk mengalirkan cairan dari telinga. Lalu gunakan pengering rambut untuk mengeringkan telinga sekering mungkin.

Jika cuka sari apel tidak tersedia, Anda dapat menggunakan cuka putih.

Minyak Zaitun


Salah satu penyebab utama infeksi telinga adalah lilin di telinga bercampur dengan beberapa pertumbuhan jamur atau bakteri yang menyebabkan penyumbatan di tabung Eustachian. Anda dapat dengan mudah menghilangkan pertumbuhan jamur atau bakteri tersebut dengan bantuan minyak zaitun.

Caranya :

Hangatkan sedikit minyak zaitun. Masukan beberapa tetes minyak hangat ke dalam telinga yang terinfeksi.
Minyak akan melunakkan zat lilin, sehingga kita mudah melepaskan lilin yang terinfeksi dengan kapas cutton bud. Hati-hati untuk tidak mengorek kuping terlalu dalam karena dapat merusak gendang telinga.


Kompres Telingan Dengan Air Hangat


Segera mungkin, letakan kompresan air hangat pada telinga yang terinfeksi. Kompresan ini akan cepat meringankan rasa sakit dan juga akan mencegah mikroorganisme tumbuh.

Caranya :

Gunakan kompres hangat. Celupkan kain lap yang bersih dalam air yang suam-suam kuku, peras airnya dan kemudian letakan kompresan pada telinga yang terinfeksi. Diamkan selama 5 menit.


menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Tradisional Mengobati Infeksi Telinga"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.