Dampak Negatif Apabila Kurang Tidur

Dampak Negatif Apabila Kurang Tidur - Tidur merupakan nikmat terbesar bagi kita, dengan tidur yang baik maka otak akan kembali segar dan ketika tidur tubuh diberi kesempatan untuk memperbaiki diri sendiri. Selama tidur, semua organ tubuh kita dibersihkan dari racun, sehingga pada siang hari semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kulit kita juga akan dibersihkan dan diperbaiki selama kita tidur.

 
Tidur malam yang nyaman dan berkualitas merupakan kunci untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Efek kurang tidur pada kesehatan sangat banyak dan kebanyakan orang sering mengabaikannya. Kebanyakan orang yang bekerja di shift malam memiliki banyak masalah kesehatan karena tidur yang kurang. Dampak negatif pertama pada orang yang kurang tidur dapat terlihat pada kulit. Orang yang kurang tidur memiliki kulit kusam, kulit gelap dengan lingkaran hitam di bawah mata.Kemampuan mental yang juga akan menurun, dan selain itu tidur yang tidak benar memiliki banyak efek fisik pada tubuh seperti nyeri tubuh, kelelahan, berat badan naik, stres dan banyak lagi. Kurang tidur dapat mengakibatkan tubuh menjadi stres secara fisik, sehingga dapat mengarah kepada sekresi stres hormon yang dikenal sebagai kortisol.Hormon ini (kortisol) dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena hormon kortisol dapat menyebabkan kecemasan sehingga berat badan bertambah. Oleh karena itu, kurang tidur dapat menyebabkan banyak penyakit.Sekarang, sudah saatnya kita semua untuk tidur yang cukup. Tidurlah 8 jam dalam semalam untuk tetap menjaga tubuh sehat. Bacalah terus artikel ini untuk mengetahui dampak buruk apabila kurang tidur.

Dampak Buruk Apabila Kurang Tidur


Diabetes


Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan untuk memakan makanan manis dan makanan siap saji di siang hari. Untuk mengurangi kelelahan dan kelemahan karena tidur yang kurang, maka kita akan cenderung makan makanan berkarbohidrat tinggi. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur lebih rentan mengalami penyakit gula darah tinggi dan diabetes. Diabetes adalah salah satu efek kurang tidur yang berbahaya bagi kesehatan.

Osteoporosis (Tulang Rapuh)


Tidur kurang yang dari 6 jam dalam sehari secara drastis dapat mengurangi kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi lemah dan rapuh. Komposisi mineral tulang juga dapat menurun. Sehingga dapat menyebabkan nyeri sendi dan tulang yang dapat memudahkan mengalami patah tulang.

Kanker


Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur berdampak mengalami kanker payudara dan juga risiko jenis kanker lainnya. Radikal bebas yang merusak sel-sel dan menyebabkan kanker tidak dapat dihilangkan dari tubuh secara efektif karena kurang tidur. Ada juga racun build-up dalam tubuh, yang selanjutnya dapat memudahkan kita mengalami kanker.

Serangan Jantung Dan Stroke


Selama tidur, organ tubuh kita diperbaiki dan racun dikeluarkan dari tubuh. Nah, ini adalah alasan kita harus minum air di pagi hari, sehingga racun dapat dikeluarkan dengan mudah dari tubuh ketika tidur. Namun, orang yang memiliki kurang tidur memiliki risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

Daya Ingat Berkurang


Efek kurang tidur dapat dirasakan pada kinerja ingatan. Selama kita tidur otak akan disegarkan dan diregenerasi. Namun, bila kita kurang tidur, maka otak akan mudah lelah. Sehingga dapat menyebabkan daya ingat melemah dan kemudian secara bertahap kehilangan ingatan sepenuhnya.

Mengalami Buang Air Kecil Bohongan

Pada penyakit ini, kita akan merasakan keinginan untuk buang air kecil tetapi ternyata setelah kita ke toilet air kencing tidak keluar, atau bisa juga keluar air kencing tapi sedikit dan setelah itu kita merasakan ingin kencing lagi. Nah, kondisi yang seperti  ini juga disebabkan oleh tidur yang tidak cukup.

Cemas dan Depresi

Kurang tidur adalah penyebab utama stres dan depresi. Kurang tidur dapat menyebabkan hormon kortisol meningkat. Hormon ini dapat menekan pikiran bawah sadar sehingga mengalami rasa cemas dan depresi. 

Berat Badan Bertambah


Kurang tidur dapat menyebabkan keinginan untuk memakan makanan yang tidak sehat seperti pizza, burger, minuman ringan, dll kita akan cenderung mengkonsumsi makanan tersebut lebih sering dan yang pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kadar kolesterol kita juga dapat meningkat, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Dampak Negatif Apabila Kurang Tidur"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.