Lutut Nyeri dan Terasa Sakit, Ini Dia Cara Mengatasinya

Lutut Nyeri dan Terasa Sakit, Ini Dia Cara Mengatasinya - Nyeri lutut merupakan kondisi medis yang sangat sering terjadi karena adanya pergerakan konstan dari lutut. Nyeri lutut dapat dialami oleh orang dewasa yang lebih tua, dewasa muda dan anak-anak. Wanita lebih rentan terhadap nyeri lutut daripada pria.

Lutut Nyeri dan Terasa Sakit, Ini Dia Cara Mengatasinya

Letak nyeri lutut dapat bervariasi. Nyeri dapat berasal di salah satu struktur tulang sendi lutut (femur, tibia dan fibula), tempurung lutut (patella) atau ligamen dan tulang rawan (meniscus).

Nyeri lutut dapat  menyebar sepanjang lutut. Juga, tingkat keparahan nyeri dapat bervariasi dari sakit ringan, sakit parah, hingga lumpuh.

Nyeri pada lutut bisa disebabkan oleh struktur tulang melemah, dan aus akibat penuaan. Penyebab umum lainnya termasuk patah tulang, cedera ligamen, cedera meniskus, pergeseran sendi lutut dan kekakuan pada sendi akibat arthritis, lupus dan penyakit kronis lainnya.

Selain rasa sakit, kita mungkin memiliki gejala lain seperti kekakuan di lutut, pembengkakan, kemerahan, mati rasa di kaki yang terkena nyeri dan kesulitan berjalan atau berdiri.

Jangan biarkan nyeri lutut sehingga bisa menganggu kegiatan yang sedang kita nikmati. Kita bisa mengatasi nyeri lutut dengan beberapa pengobatan ala rumahan alami yang sederhana dan mudah.

Nyeri lutut yang ringan sampai nyeri sedang disebabkan oleh terlalu sering menggerakkan lutut, atau kurang menggerakkan lutut, dan bisa juga dari olahraga yang tidak benar.

Inilah Cara Mengatasi Nyeri Lutut Secara Alami


Kompres Dengan Air Dingin


Mengkompres dengan air dingin adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada lutut. Suhu dingin dapat menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke daerah yang nyeri, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi nyeri.

Caranya :
  1. Bungkus beberapa es batu dalam handuk tipis.
  2. Letakan kompresan pada daerah lutut yang terkena nyeri selama 10 sampai 20 menit.
  3. Lakukan cara ini dua atau tiga kali sehari sampai nyeri hilang.

Cuka Sari Apel


Cuka apel juga dapat membantu mengurangi nyeri lutut. Karena efek alkalizing nya, cuka sari apel membantu melarutkan mineral build-up dan racun berbahaya dalam sendi lutut. Selain itu, dapat membantu mengembalikan pelumas pada sendi untuk membantu mengurangi rasa sakit dan melancarkan pergerakan lutut.

Caranya :
  • Campur dua sendok teh cuka sari apel ke dalam dua gelas air dan disaring. Minumlah campuran ini sepanjang hari sampai lutut sembuh sepenuhnya.
  • Kita juga dapat menambahkan dua cangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi air panas. Rendam lutut yang nyeri dalam air selama 30 menit. Lakukan cara ini sekali sehari selama beberapa hari.
  • Juga, kita dapat mencampur masing-masing satu sendok makan cuka sari apel dan minyak zaitun. Gunakan campuran tersebut untuk memijat lutut yang terkena nyeri sekali atau dua kali sehari sampai nyeri hilang.

Cabe Rawit


Cabe rawit mengandung capsaicin yang berfungsi seperti pereda nyeri. Sifat analgesik alami atau penghilang rasa sakit capsaicin didalamnya dapat menghasilkan sensasi hangat dan mengurangi rasa sakit di lutut yang terkena nyeri.

Caranya :
  • Campurkan dua sendok makan cabe rawit bubuk dalam satu-setengah cangkir minyak zaitun hangat. Oleskan ramuan tersebut pada lutut yang nyeri dua kali sehari selama setidaknya satu minggu.
  • Kita juga dapat mencampur seperempat atau setengah sendok teh bubuk cabai rawit dalam satu cangkir cuka sari apel. Rendam kain lap yang bersih dalam larutan ini dan letakan pada lutut yang nyeri selama sekitar 20 menit sekali atau dua kali sehari sampai rasa sakit dan peradangan berkurang.

Jahe


Apakah nyeri lutut adalah karena arthritis, ketegangan otot atau cedera, jahe merupakan obat yang efektif untuk mengurangi rasa sakit. Efektivitasnya dalam mengobati nyeri lutut berasal dari adanya senyawa anti-inflamasi di dalamnya. Jahe dapat mengurangi pembengkakan pada lutut serta rasa sakit.

Caranya :
  • Hancurkan sepotong kecil jahe segar, masukan ke dalam satu cangkir air dan didihkan selama 10 menit. Saring dan tambahkan sedikit madu dan jus lemon. Minum dua sampai tiga cangkir teh jahe ini setiap hari sampai rasa sakit itu hilang.
  • Atau juga dapat memijat lutut yang terkena nyeri dengan minyak jahe dua atau tiga kali sehari sampai nyeri lutut hilang.

Kunyit


Kunyit merupakan obat alami yang efektif untuk meredakan nyeri lutut. Kunyit mengandung bahan kimia alami yang disebut curcumin yang memiliki anti-inflamasi serta sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Juga, National Center for Complementary and Alternative Medicine (NCCAM) menyimpulkan bahwa kunyit dapat memperlambat perkembangan rheumatoid arthritis, salah satu penyebab utama nyeri lutut.

Caranya :
  • Tambahkan satu setengah sendok teh  bubuk jahe dan kunyit ke dalam secangkir air dan didihkan selama 10 menit. Saring, tambahkan madu secukupnya, dan minum dua kali sehari.
  • Atau rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu. Tambahkan sedikit madu dan minum sehari sekali.
Lakukan salah satu cara diatas setiap hari sampai rasa sakit di lutut hilang.

Catatan :  Kunyit dapat mengencerkan darah, jadi pengobatan ini  tidak cocok untuk orang yang memakai obat pengencer darah.

Lemon


Lemon juga bermanfaat sebagai obat alami untuk nyeri lutut yang disebabkan oleh asam urat. Asam sitrat ditemukan dalam lemon berfungsi sebagai pelarut kristal pada asam urat, yang merupakan penyebab dari beberapa jenis nyeri sendi.

Caranya :
  1. Potong satu atau dua lemon menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Ikat potongan dalam kain katun dan celupkan ke dalam minyak wijen hangat.
  3. Letakan kain pada lutut yang terkena nyeri selama lima sampai 10 menit.
  4. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai nyeri hilang sepenuhnya.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Lutut Nyeri dan Terasa Sakit, Ini Dia Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.