Makanan Ini Mampu Melawan Kanker

Makanan Ini Mampu Melawan Kanker - Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel secara abnormal yang membahayakan tubuh. Ada lebih dari 100 jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker kulit, kanker ovarium, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker prostat dan kanker limfoma. Masing-masing jenis kanker mempunyai gejala berbeda.

Menurut Indonesian Cancer Society, kanker merupakan penyebab kematian paling umum di Indonesia dan dilaporkan lebih dari 575.000 orang meninggal karena kanker dan lebih dari 1 juta orang yang didiagnosis mengalami kanker.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kasus kanker diperkirakan akan meningkat sekitar 70 persen selama 15 sampai 20 tahun ke depan.

Makanan Ini Mampu Melawan Kanker

Beberapa faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko peluang terkena kanker termasuk usia tua, merokok berlebihan, konsumsi alkohol yang berlebihan, paparan sinar matahari berlebihan, obesitas, paparan bahan kimia berbahaya dan asap rokok, dan faktor keturunan (genetika).

Meskipun kita tidak bisa menghindari penyebab kanker akibat faktor keturunan dan faktor lingkungan, kita masih dapat menurunkan risiko kanker dengan memilih makanan yang akan dikonsumsi dan melakukan gaya hidup sehat.

Memilih makanan yang sehat dan terencana dapat membantu mencegah terjadinya kanker. Bahkan, ada banyak makanan super yang kaya antioksidan dan fitokimia yang bermanfaat sebagai anti-kanker.

Berikut Makanan Yang Mampu Melawan Kanker


Brokoli


Rajin mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker. Sayuran hijau ini mengandung senyawa yang disebut glucosinolates, yang dapat menghasilkan enzim pelindung dalam tubuh.

Salah satu enzim ini adalah sulforaphane yang membantu mengurangi risiko terkena kanker dengan membilas bahan kimia penyebab kanker. Sulforaphane juga menargetkan penghancuran sel-sel induk kanke, sehingga pertumbuhan tumor dapat dicegah.

Sebuah penelitian di tahun 2011 oleh ilmuwan di Linus Pauling Institute di Oregon State University menyimpulkan bahwa sulforaphane dalam brokoli mampu membantu mencegah kanker.

Brokoli efektif dalam melindungi mulut, payudara, hati, paru-paru, kandung kemih, esofagus dan lambung dari kanker.

Makanlah brokoli dengan takaran 2 cangkir, brokoli dapat direbus atau dikukus, makalah 2 atau 3 kali per minggu.

Teh Hijau


Teh hijau adalah minuman terkenal yang dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Senyawa-senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, seperti katekin, xantin, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dan epicatechin, dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Teh hijau bahkan dapat membantu mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2008 tentang teh hijau dan pencegahan kanker yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine of China, teh hijau menunjukkan efek protektif pada saluran cerna, payudara, paru-paru dan kanker prostat.

Minum 3-4 cangkir teh hijau setiap hari untuk menuai manfaat anti-kanker-nya. 

Tomat


Buah yang berair ini merupakan sumber yang baik dari zat alami lycopene yaitu antioksidan kuat yang dapat membantu melawan kanker. Lycopene dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Lycopene juga dapat menghentikan pertumbuhan sel yang tidak normal. Selain itu, tomat merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C dan E, yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology, peneliti menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi lebih banyak tomat dan produk berbasis tomat, baik mentah maupun masak, bisa tercegah dari kanker prostat.

Tomat juga efektif dalam mengurangi risiko terkena penyakit kanker endometrium, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker perut.

Makanlah 1 cangkir irisan tomat setiap hari. Untuk menikmati manfaat anti-kanker secara maksimal, konsumsi juga jus tomat, saut tomat dan makanan yang mengandung tomat lainnya.

Blueberry


Blueberry kaya akan fitonutrien yang dapat melawan kanker dan mengandung antioksidan. Buah ini dapat menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit termasuk kanker. Blueberry juga mengandung vitamin C dan K, mangan dan serat makanan, yang juga dapat membantu dalam menurunkan risiko terkena kanker.

Sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan dalam Anticancer Agents dalam jurnal Medicinal Chemistry menemukan bahwa blueberry adalah buah anti kanker.

Buah Blueberry dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut, kanker ovarium, kanker usus, kanker hati, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker kulit dan kanker payudara.

Untuk menuai manfaat buah anti-kanker ini, makanlah ½ sampai 1 cangkir blueberry segar atau beku setiap hari.

Jahe


Jahe juga dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Kandungan antioksidan didalamnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam  jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menunjukkan kemampuan jahe untuk memerangi kanker ovarium. Jahe mampu melawan pertumbuhan kanker, membatasi perkembangan kanker.

Juga, sebuah penelitian di tahun 2012 yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition menemukan bahwa jahe efektif dalam mencegah kanker prostat.

Makanan ini juga dapat mencegah timbulnya kanker kolorektal, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit dan kanker pankreas.

Minumlah 2-3 cangkir teh jahe setiap hari dan termasuk bumbu jahe dalam masakan

Bawang Putih


Bawang putih mengandung komponen sulfur serta arginin, oligosakarida, flavonoid dan selenium. Semua zat alami tersebut bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Asupan bawang putih secara teratur dapat memperlambat perkembangan pertumbuhan sel kanker.

Sebuah penelitian di 2013 oleh American Association for Cancer Research menyimpulkan bahwa ada hubungan antara asupan bawang putih mentah dapat mencegah kanker paru-paru.

Juga, sebuah penelitian di tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal American Society for Clinical Nutrition menyatakan bahwa asupan bawang putih mentah atau dimasak dapat memberikan efek perlindungan pada tubuh terhadap kanker lambung dan kanker kolorektal.

Untuk mendapatkan manfaat anti-kanker dari bawang putih, makanlah bawang putih mentah atau dimasak setiap hari.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Makanan Ini Mampu Melawan Kanker"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.