Obat Tradisional Untuk Rematik di Tangan

Obat Tradisional Untuk Rematik di Tangan - Rematik di tangan adalah jenis yang paling umum dari penyakit asam urat. Rematik pada tangan terjadi sebagai akibat dari kerusakan pada tulang rawan yang mendukung struktur tulang.

Karena kita menggunakan tangan dan jari-jari kita pada setiap akitivitas, tentu jika rematik di tangan terjadi bisa menghambat kegiatan penting yang selalu kita lakukan. Jari bengkak, peradangan sendi, kekakuan dan nyeri adalah beberapa gejala dari rematik di tangan.

obat tradisional rematik di tangan

Secara modern perkembangan dunia medis banyak menemukan hal-hal baru untuk mengobati penyakit rematik. Namun tentu pengobatan secara medis bisa menimbulkan efek samping karena berbahan kimia. Tapi jangan khawati Anda juga dapat mencoba beberapa solusi alami yang mudah namun sangat efektif untuk memperbaiki kondisi jari dan tangan yang terkena rematik.


Berikut Obat Tradisional Untuk Rematik di Tangan


Es Batu


Terapi dingin baik bagi penderita rematik di tangan. Anda dapat menggunakan kantong plastik diisi dengan es hancur atau menggunakan lap untuk membukus se batu. Letakan bungkusan es batu tersebut di tangan dan jari yang terkena rematik, maka secara bertahap akan mengurangi iritasi dan mengurangi rasa sakit.

Secara jelas caranya letakan bungkusan es batu pada tangan rematik selama beberapa menit dan kemudian lepas dan ulangi meletakkannya lagi. Lanjutkan pengobatan di rumah selama sekitar 20 menit, beberapa kali sehari.

Cuka Sari Apel


Cuka sari apel mengandung anti-inflamasi dan basa membentuk sifat yang membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada tangan dari penyakit rematik.

Caranya :
  • Minum segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan cuka sari apel organik dan madu setiap hari.
  • Atau, campurkan seperempat atau setengah sendok teh bubuk cabai rawit ke dalam satu cangkir cuka sari apel hangat. Rendam sendi yang menyakitkan di dalamnya selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas. Ulangi cara setiap hari sampai Anda merasa baikan.

Jahe


Jahe mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan rematik. Anda dapat menambahkan ramuan ini dalam makanan Anda dan juga minum teh jahe untuk mendapatkan manfaatnya.

Untuk membuat teh jahe :
  1. Potong sepotong kecil jahe.
  2. Rebus dalam satu cangkir air selama 10 menit.
  3. Saring dan minum teh ini dua atau tiga kali sehari sampai Anda merasa baikan.

Madu dan Kayu Manis


Kombinasi madu dan bubuk kayu manis adalah cara alami yang baik untuk mengobati radang sendi di tangan dan membantu mengendurkan otot kaku karena sifat penyembuhan pada madu dan kayu manis sangat baik. Juga, madu memiliki kandungan antiseptik, sedangkan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik.

Caranya :
  1. Campurkan satu sendok makan madu dan satu-setengah sendok teh bubuk kayu manis.
  2. Makan campuran ini setiap pagi pada saat perut kosong selama beberapa minggu atau sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Garam


Garam baik untuk mengurangi kekakuan, peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan rematik. Garam adalah sumber kaya akan magnesium yang penting untuk mineralisasi tulang; kebanyakan penderita rematik memiliki tulang yang kurang mineral. Selain itu, magnesium membantu mengurangi nyeri saraf.

Carannya :
  1. Campur dua cangkir garam dalam bak mandi air hangat
  2. Rendam tangan Anda di dalamnya selama 20 sampai 30 menit.
  3. Lakukan cara ini tiga kali seminggu selama beberapa minggu atau sampai Anda merasa baikan.

Minyak Zaitun


Ada hubungan kuat antara minyak zaitun dan peradangan yang disebabkan oleh rematik. Suatu senyawa khusus terkandung dalam minyak zaitun yang disebut zat oleocanthal yang dapat membantu mencegah produksi  enzim pro-inflamasi COX-1 dan COX-2.

Caranya :
  • Minyak zaitun dapat digunakan sebagai minyak pijat untuk tangan dan jari-jari. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam 2-4 sendok makan minyak zaitun hangat dan pijat daerah yang terkena rematik dengan pijatan  untuk meringankan rasa sakit dan peradangan.
  • Atau, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk memasak makanan, agar dapat membantu mengurangi risiko asam urat.

Kunyit


Karena antioksidan dan sifat anti-inflamasi terkandung dalam kunyit maka sangat bagus untu mengobati rematik di tangan. Kunyit juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri.

Caranya :
  • Tambahkan satu sendok bubuk kunyit pada segelas susu panas yang dicampur dengan sedikit madu dan minumlah sehari sekali.
  • Atau, panaskan satu liter air, tambahkan satu sendok makan bubuk kunyit dan didihkan selama 10 menit. Biarkan hingga dingin dan kemudian meminumnya setiap hari.

Bawang putih



Bawang putih merupakan bahan yang efektif untuk mengobati rematik di tangan. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan rematik.

Bawang putih juga mengandung belerang yang dapat meredakan nyeri sendi dan peradangan. Plus, mengandung selenium dalam bawang putih yang memiliki efek antirematik.

Caranya :
  • Makan bawang putih secara teratur, baik dmentah atau dimasak sesuai kesukaan Anda.
  • Atau, Anda juga dapat menggoreng dua siung bawang putih (cincang) ke dalam dua sendok makan minyak mustard yang telah dipanaskan. Matikan api dan biarkan minyak dingin. Lalu, oleskan bawang goreng dan minyaknya pada daerah yang terkena rematik sambil di pijat lembut. Ulangi cara ini dua kali sehari sampai Anda merasa baikan.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Obat Tradisional Untuk Rematik di Tangan"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.