Mengobati Nyeri Tumit Pada Kaki

Nyeri tumit bisa terjadi pada siapapun, terlebih nyeri tumit dapat menyebabkan aktivitas sehari-hari terhambat. Nyeri bisa dirasakan di bagian bawah tumit, tepat di belakang tumit atau di lengkungan kaki. Biasanya, nyeri tumit dapat terjadi secara bertahap, apalagi ketika bangun dari tidur akan sangat terasa sakit.

mengobati nyeri tumit pada kaki


Cedera, keseleo, patah tulang, saraf terjepit, dan aus pada bantalan tumit adalah penyebab umum dari nyeri tumit. Menekan kaki pada lantai yang keras secara berlebihan, kelebihan berat badan atau memakai sepatu yang tidak cocok juga dapat menyebabkan nyeri tumit.

Nyeri tumit juga mungkin diakibatkan oleh beberapa kondisi medis, termasuk Achilles tendinitis, bursitis, fibromyalgia, asam urat, taji tumit, plantar fasciitis, arthritis, sindrom terowongan tarsal, dan tendinitis.


Mereka yang menderita nyeri tumit mengalami intensitas rasa sakit dan rasa tidak nyaman. Namun, jarang nyeri tumit bisa mengancam kesehatan.

Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan ala rumahan untuk mengurangi gejala nyeri tumit. Jika nyeri tumit Anda semakin parah dan kesulitan berjalan, maka lebih baik segera temui dokter.

Berikut Cara Menyembuhkan Nyeri Tumit Kaki Secara Alami


Es


Meletakan kompresan dingin menggunakan es pada tumit adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit pada tumit. Suhu dingin memiliki efek mati rasa yang dapat mengontrol rasa sakit dan peradangan.

Selanjutnya, es efektif dalam mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan penyakit kaki tendonitis, plantar fasciitis dan tulang rawan.

Caranya :

Buat kompres dingin dengan menempatkan beberapa es hancur dalam kantong plastik, kemudian membungkusnya dalam handuk katun tipis. Terapkan kompresan tersebut pada daerah kaki yang menyakitkan selama sekitar 15 menit. Ulangi pengobatan ini beberapa kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Catatan : Jangan gunakan es langsung pada kulit, karena dapat menyebabkan radang dingin.

Pijat


Cara sederhana lainnya untuk mengobati nyeri tumit adalah dengan pemijatan. Meskipun pemijatan bukan pilihan pengobatan jangka panjang, namun dapat memberikan pertolongan yang cepat untuk mengurangi rasa sakit. Pijatan juga dapat mengendurkan otot-otot, mengurangi kekakuan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Anda dapat memijat tumit yang nyeri setiap saat sepanjang hari, dan dianjurkan terutama ketika Anda akan berjalan, setelah berolahraga dan sebelum tidur. Untuk pemijatan, Anda dapat menggunakan segala jenis minyak, seperti minyak zaitun, kelapa, wijen atau minyak mustard.

Caranya :
  1. Oleskan sedikit minyak hangat pilihan Anda pada tumit yang sakit.
  2. Gunakan kedua ibu jari Anda untuk memijat dan tekan secara lembut pada tumit yang menyakitkan selama beberapa menit.
  3. Pijat telapak kaki Anda selama 10 menit.
  4. Ulangi pemijatan tersebut sampai tumit tidak terasa nyeri.

Anda juga dapat menggunakan jasa pemijatan dari terapis pijat.

Kunyit


Kunyit merupakan salah satu obat alami terbaik untuk nyeri tumit. Kurkumin, kandungan dalam kunyit, dapat bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit yang kuat dan anti-inflamasi.

Sebuah penelitian di tahun 2009 yang diterbitkan dalam International Journal of Biochemistry & Biologi Sel menyimpulkan bahwa dalam kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit kunyit.

Caranya :


Masukan 1 cangkir susu dan 1 sendok teh bubuk kunyit dalam panci. Lalu panaskan dengan api kecil selama 5 menit. Tambahkan madu asli sedikit. Minum 2 atau 3 kali sehari untuk meringankan rasa sakit.

Minyak Ikan


Jika Anda merasakan nyeri tumit dikarenakan asam urat, minyak ikan adalah pilihan pengobatan yang baik. Minyak ikan kaya akan asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam lemak omega-3 tak jenuh , minyak ikan dapat membantu mengurangi rasa sakit. Bahkan membantu mengurangi kekakuan otot.

Sebuah penelitian di tahun 2006 yang diterbitkan dalam bedah Neurology menyimpulkan bahwa omega-3 asam lemak esensial dalam minyak ikan dapat menjadi alternatif yang lebih aman untuk mengobati nyeri asam urat.

Minum hingga 3 gram minyak ikan yang mengandung setidaknya 30 persen EPA / DHA dua kali sehari. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Mengobati Nyeri Tumit Pada Kaki"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.