Obat Batuk Rejan Alami Pada Anak dan Dewasa

Obat Batuk Rejan Alami Pada Anak dan Dewasa - Batuk rejan, juga dikenal sebagai pertusis, merupakan infeksi bakteri yang sangat menular. Batuk rejan disebabkan oleh infeksi bakteri Bordetella pertussis, yang menginfeksi lapisan saluran udara seperti trakea dan bronkus.

Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat melalui batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi oleh bakteri Bordetella pertussis. Batuk rejan biasanya dialami oleh anak-anak, tapi remaja dan orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Setelah penderita terinfeksi dengan bakteri, ada jeda 7 - 10 hari gejala batuk rejan dapat muncul, meskipun kadang-kadang membutuhkan waktu lebih lama. Selama tahap awal, batuk rejan memiliki gejala yang sama seperti flu biasa, seperti batuk ringan, bersin, hidung meler dan demam.

Obat Batuk Rejan Alami Pada Anak dan Dewasa

Jika infeksi ini tidak diobati tepat waktu, batuk berubah menjadi  batuk yang berakhir dengan suara bernada tinggi saat Anda mencoba untuk menghirup udara. Anda bahkan mungkin mengalami muntah.

Anak-anak dari umur 6 bulan berpeluang besar tertular infeksi batuk ini. Bahkan orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah berada pada risiko yang lebih tinggi. Infeksi ini berbahaya pada bayi, terutama balita yang berusia kurang dari 6 bulan. Bayi tersebut mungkin perlu perawatan di rumah sakit.

Cara terbaik untuk mencegah tertular dari batuk rejan adalah dengan vaksin pertusis. Vaksinasi ini dimulai selama masa bayi dan bahkan orang dewasa dapat juga melakukannya.

Jika Anda menderita batuk rejan, selain pengobatan yang diresepkan oleh dokter Anda, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan ala rumahan untuk meringankan gejala batuk dan menyembuhkan infeksi.

Catatan :
Jika bayi Anda menderita kesulitan bernapas dan muntah yang berlebihan, segera kunjungi dokter.


Berikut Adalah Cara Alami Mengobati Batuk Rejan


Jahe


Jahe adalah ekspektoran yang sangat baik yang mampu membantu mengobati batuk rejan. Jahe juga mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan masalah batuk rejan. Selain itu, jahe mengandung sifat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu melawan infeksi dan membantu penyebuhan yang cepat.

Caranya :

Campurkan masing-masing 1 sendok makan antara air jahe dan madu asli. Minum dua kali sehari selama beberapa hari.
   

Kunyit


Kunyit mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mengobati batuk rejan. Kunyit memiliki efek terapi pada batuk, terutama batuk kering, yang merupakan salah satu gejala dari batuk rejan. Kandungan di dalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang juga dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Caranya :
  • Campurkan 1 sendok makan madu mentah dan ¼ hingga ½ sendok teh bubuk kunyit. Minumlah dua kali sehari sampai Anda merasa lebih baik.
  • Atau, dengan meminum susu hangat dicampur dengan ½ sendok teh kunyit dua kali sehari untuk meringankan gejala.

Bawang Putih


Bawang putih dapat bekerja sebagai antibiotik alami untuk melawan batuk rejan. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang membuatnya efektif untuk membersihkan infeksi pertusis.

Caranya :
  • Minum 1 sendok teh air bawang putih segar 2 atau 3 kali sehari selama sekitar satu minggu. Anda bisa mendapatkan air bawang putih dengan mem-blender bawang putih.
  • Atau, tambahkan 1 sendok makan bawang putih cincang ke dalam panci air mendidih. Lalu tutup kepala Anda dengan handuk dan hirup uap-nya. Obat ini tidak cocok untuk anak-anak.
  • Pilihan lainnya adalah untuk mengkonsumsi 1 sendok makan sirup bawang putih setiap sehari.

Madu


Madu mentah atau madu asli dapat mengobati batuk rejan. Karena mengandung antiseptik kuat, antibakteri dan sifat penyembuhan, madu dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi serta mengurangi gejala batuk rejan.

Caranya :
  • Tambahkan 1 sendok makan madu mentah ke dalam segelas air hangat dan meminumnya secara perlahan. Ulangi pengobatan ini beberapa kali sehari. Minuman ini memiliki efek menyegarkan pada tenggorokan.
  • Atau, sebelum tidur, makan 1 sendok teh madu mentah dengan ½ sendok teh bubuk kayu manis. Pengobatan ini akan membantu Anda tidur lebih baik.
  • Pilihan lainnya adalah untuk mencampur masing-masing 1 sendok teh madu dan jus lobak. Tambahkan sedikit garam dan meminumnya 3 kali sehari.

Lemon


Lemon juga bisa membantu mengobati batuk rejan. Asam sitrat di dalam lemon dapat mengurangi kekentalan lendir, dan sifat antibakteri dan antivirus yang kuat didalamnya mampu membantu melawan infeksi. Selain itu, vitamin C dalam lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya :
  • Tambahkan 1 sendok makan air lemon segar ke dalam segelas air hangat bersama dengan sedikit madu mentah . Minumlah beberapa kali sehari selama beberapa hari.
  • Atau, ambil ½ lemon yang taburi sedikit garam dan merica di atasnya. Perlahan jilat lemon tersebut untuk menyegarkan tenggorokan yang teriritasi.

Tips tambahan


  • Minum 1-2 gelas jus anggur setiap hari, yang akan membantu proses pemulihan.
  • Campur 2 sendok teh cuka sari apel mentah, tanpa menyaringnya kedalam secangkir air, tambahkan madu mentah sedikit dan minum 2 sampai 3 kali sehari. Ramuan ini akan melawan infeksi dan membantu nyeri menelan.
  • Bungkus sepotong kecil kamper pada saputangan dan hirup aromanya setiap saat.
  • Hindari suhu dingin dan kelembaban karena mereka dapat memperburuk kondisi.
  • Banyak istirahat untuk mempercepat penyembuhan.
  • Minum banyak cairan seperti air, jus dan sup untuk mencegah dehidrasi.
  • Menutup mulut saat batuk dan mencuci tangan Anda sesering mungkin.
  • Saat pergi keluar, pakailah masker.
  • Masukan makanan yang kaya vitamin C menu makanan Anda untuk mempercepat penyembuhan.
  • Hindari makanan yang dapat memicu alergen pada batuk rejan seperti gula, susu, gandum dan makanan bertepung.
  • Jangan makan makanan kering, makanan kering dapat memicu batuk.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Obat Batuk Rejan Alami Pada Anak dan Dewasa"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.