Ingin Sehat ? Makan Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Protein merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Protein adalah nutrisi pelengkap tubuh yang mesti ada. 

Dan protein merupakan salah satu senyawa yang berperan penting untuk dipecah oleh tubuh menjadi asam amino, sehingga dapat memperkuat fungsi-fungsi organ tubuh.

Jadi, seperti yang sudah kita ketahui , ternyata protein itu sangat penting bagi tubuh.

Selain itu, protein digunakan oleh tubuh untuk mensintesis hormon atau untuk menghasilkan hormon.

Protein juga dapat membantu memfungsikan organ dengan tepat, memperbaiki sel yang rusak dan tentu, menghasilkan sel yang baru. Yang paling hebat, protein ternyata dapat menurunkan berat badan.

Nah, dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, pastinya dapat membantu program diet untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan singset.

makanan tinggi protein terbaik


Secara efektif protein di dalam tubuh bisa mengurangi penumpukan lemak di area pinggang, dan protein juga merupakan bagian penting dari sel-sel dalam tubuh.

Perlu diketahui, kuku dan rambut merupakan organ tubuh yang terdiri dari sejumlah protein.

Protein berfungsi penting untuk mendapatkan hidup tetap sehat. Karena protein diperlukan untuk melaksanakan fungsi metabolisme dalam tubuh.

Perlu kita ketahui ada dua jenis protein, yang pertama adalah protein lengkap dan protein tidak lengkap.


Pada jenis protein lengkap dapat diperoleh dari makanan hewani dan makanan nabati seperti kacang-kacangan. Nah, ada berbagai makanan yang menjadi sumber dari protein yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh…

..Oleh karena itu, disini kami akan berbagai dengan Anda mengenai makanan luar biasa yang mengandung protein tinggi. Bacalah terus.



Kedelai


Kedelai merupakan gudangnya dari berbagai nutrisi, ada banyak produk-produk makanan yang berbahan utama kedelai, mulai dari susu kedelai, tahu, tempe, tauge, tepung, kacang, dan saus kacang.

Kedelai merupakan tumbuhan yang biasanya banyak tumbuh di kawasan Asia Timur.

Biasanya kedelai ini di kelompokan pada jenis tanaman biji minyak.

Kedelai oleh para ahli kesehatan dikenal sebagai makanan yang mengandung protein lengkap, karena mengandung sejumlah kandungan tinggi dari asam amino esensial, inilah mengapa kedelai dianggap sebagai makanan terbaik sepanjang masa.

Selain kedelai bisa mendukung fungsi organ tubuh, kedelai juga bisa mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti jantung, kanker payudara, kelenjar prostat, osteoporosis, dan menjaga berat badan seimbang.

Tak hanya protein lengkap yang terkandung dalam kedelai, masih banyak nutrisi-nutrisi penting lainnya, seperti Antioksidan.


Sudah kita ketahui bahwa antioksidan berperan penting untuk mencegah radikal bebas. Antioksidan dalam kedelai adalah senyawa yang disebut isoflavon, yang bermanfaat untuk memperbaiki sel dan melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari, polusi, dan radikal bebas.

Jadi, untuk Anda yang ingin sehat sejahtera, jangan lupa, untuk mengkonsumsi kedelai, tempe atau tahu yang digoreng dengan minyak nabati sepertinya lezat dan menyehatkan.



Kacang-Kacangan


Ya, kacang-kacangan termasuk ke dalam sumber makanan protein terbaik.

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, buncis, dan beragam kacang-kacangan lainnya banyak dijual disekitar kita, jadi mudah sekali untuk mendapatkannya.

Tapi, jangan sampai juga berlebihan mengkonsumsi kacang, cukup makan kacang 1 sendok makan perhari saja, karena kacang termasuk makanan yang tinggi kalori.

Tidak hanya protein yang melengkapi keunggulan kacang bagi kesehatan, namun juga kacang mengandung rendah lemak dan sarat akan mineral, termasuk senyawa asam folat dan zat besi.

Ini penting bagi tubuh.


Serat dalam kacang sekaligus bermanfaat untuk membantu mengikat kolesterol di dalam sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah kolesterol masuk ke dalam pembuluh darah. Jadi, kacang juga dapat mengontrol kadar kolesterol.

Bagi Anda yang masih punya balita imut-imut, coba untuk memberi mereka kacang-kacangan, karena dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi balita.

Selain mengandung protein, kacang-kacangan juga rasanya lezat dan gurih, sehingga cenderung dapat disukai oleh balita.

Tapi, jenis kacang yang baik untuk balita adalah kacang kedelai yang merupakan kelompok dari jenis kacang beans.

Cobalah.



Daging


Makanan yang satu ini tergolong agak mahal, tapi manfaat dan kelezatannya juga tidak kalah dengan harga yang ditawarkan dipasaran.

Daging juga berperan penting bagi fungsi metabolisme tubuh yang sekaligus bisa dijadikan sebagai sumber energi, karena daging mengandung sejumlah vitamin B kompleks yang dapat diubah menjadi energi.

Daging domba dan sapi termasuk makanan sumber protein yang baik.

Protein dalam daging penting untuk tubuh dalam memperbaiki sel dan membangun jaringan sel tubuh.
Selain itu, dapat memperkuat imun dan antibodi agar kita tak mudah terserang oleh penyakit.

Boleh dibilang daging adalah salah satu pangan terbaik karena mengandung asam amino ensensial yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tunggu dulu.


Tak hanya protein yang terkandung dalam daging. Namun juga sejumlah mineral lengkap, seperti zat besi, selenium, dan zinc. Ketiga unsur mineral tersebut, jangan disepelekan karena sangat penting bagi kesehatan tubuh.


Seperti zat besi yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah, sehingga pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi mudah

Sementara jaringan dan pembentukan metabolisme akan dibantu oleh kandungan zinc yang terkandung dalam daging.

Tak lupa, kandungan selenium dalam daging juga dapat membantu memecah lemak dan berbagai zat kimia dalam tubuh.

Tak salah kita mengkonsumsi daging, asal jangan berlebihan.

Tetap utamakan menu makanan seimbang setiap hari.



Seafoods


Gurih-gurih pada makanan ini mengandung banyak protein.

Kalau dibandingan dengan daging, menurut kami seafood lebih unggul, karena mengandung kadar rendah lemak. Sehingga, seafood cenderung tidak mudah membuat perut menjadi gemuk.

Ikan laut seperi salmon, udang, dan cumi, selain kaya akan protein, ternyata juga mengandung asam lemak omega 3, yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, asam omega 3 penting untuk meregenerasi sel dalam tubuh.

Enzim asam lemak omega 3 paling banyak ditemukan dalam makanan laut, seperti salmon, sarden dan makarel.


Asam omega 3 juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, tapi tentu apabila makanan laut ini di masak dengan minyak yang sehat dan tanpa santan.

Oh ya, makanan laut seperti kerang, sangat baik untuk reproduksi.

Nah, jadi untuk Anda yang sudah mempunyai pasangan dan ingin menambah balita atau menginginkan buah hati, mengkonsumsi makanan laut seperti kerang dapat meningkatkan peluang kehamilan hingga dua kali lipat.

Penyakit seperti mudah stres, depresi, demensia, dan Alzheimer juga bisa dikurangi risikonya oleh asam amino dan kandungan omega 3 dalam kerang, ikan laut, dan udang.



Telur


Si bulat-bulat lonjong ini juga ternyata mengandung 6 gram protein.
Nah, bagian putih telur yang disebut sebagai albumin, merupakan keseluruhan dari kandungan 6 gram protein tersebut.

Selain itu, telur berisi zat gizi mikro seperti senyawa kolin yang mampu memperbaiki struktur sel dan merangsang pertumbuhan struktur sel baru.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Ingin Sehat ? Makan Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.