Inilah Makanan Sehat Buat Hati Yang Paling Top

Kita sudah ketahui bahwa hati merupakan makanan yang paling penting dalam tubuh kita.

Hati mempunyai peran yang amat besar untuk kesehatan tubuh, terutama fungsi pentingnya dalam membantu menghilangkan racun dari tubuh.

Hati terletak di sisi kanan perut, dan apabila hati tidak sehat, maka akan menyebabkan berbagai macam masalah pada tubuh, termasuk penyakit pencernaan, kegemukan, alergi, sakit kepala hingga kadar kekebalan darah menipis.

makanan sehat buat hati

Oleh karena itu, kita harus bisa membantu menjaga kebutuhan nutrisi penting untuk kesehatan hati.

Nutrisi dalam makanan secara alami dirubah dalam tubuh menjadi komponen penting untuk darah, sementara itu mineral dan vitamin disimpan oleh hati. Nah, makanan tertentu dapat membantu untuk menjaga hati agar tetap sehat dan membuat hati berfungsi dengan baik apabila dikonsumsi secara teratur.

Anda dapat memakan makanan yang menyehatkan hati dalam bentuk mentah atau makanan yang sudah diolah atau dimasak, dan barang tentu makanan tersebut akan melayani setiap kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh hati, sehingga hati dapat terjaga dalam kondisi baik dan sehat.

Ini penting.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Anda beberapa makanan yang super top buat kesehatan hati yang harus dimasukan ke dalam menu harian Anda setiap hari.

Baca terus, untuk mengetahui  lebih lanjut.

Alpukat


Buah yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia ini, sangat bermanfaat untuk kesehatan hati.

Apa pasalnya ?

Salah satu fungsi dari hati adalah memecah dan membuang lemak jahat.

Nah, alpukat mengandung lemak yang tinggi. Tapi tunggu dulu, lemak yang terkandung dalam alpukat ternyata jenis lemak baik yang disebut dengan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Jadi, dengan demikian, alpukat secara alami akan membantu kinerja hati, dimana alpukat akan membantu menurunkan jumlah lemak jahat yang akan dipecah oleh hati. 

Disinilah letak keunggulan alpukat yaitu membantu meringankan kinerja hati, sehingga organ hati tak perlu bekerja keras untuk memecah lemak jahat.

Tak hanya itu.

Anda pernah mendengar penyakit hati bengkak atau penyakit liver bengkak ? Nah, alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal ternyata dapat membantu memberikan nutrisi yang baik untuk penyakit liver bengkak.

Ada sebuah penelitian di tahun 2007 lalu, yang diterbitkan dalam World Journal of Gastroenterology menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal, seperti alpukat. Dapat membantu membatasi asupan lemak jenuh dan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam hati penderita liver bengkak.

Perlu kita ketahui pula, alpukat mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk menutrisi tubuh secara keseluruhan.

Diantaranya, terdiri dari 20 mineral dan vitamin.

Termasuk beberapa diantaranya yang paling utama adalah vitamin B6, folat, vitamin C dan vitamin E. 

Kandungan vitamin B6 dan folat dalam alpukat secara keseluruhan dapat menyehatkan hati dan membantu hati dalam memecah lemak.

Selain itu, folat dalam alpukat, dapat mencegah pertumbuhan kanker hati.

Nah, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Columbia University menyatakan bahwa kandungan vitamin E dalam alpukat dapat membantu meringankan dan mengurangi peradangan hati serta mengurangi jaringan parut pada penderita penyakit liver bengkak.

Tak ketinggalan pula, vitamin C dalam alpukat dapat membatu membersihkan hati, sehingga hati dapat terjaga dari penyakit sirosis hati.

Alpukat juga mengandung sejumlah kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu proses penyaringan yang dilakukan oleh hati untuk membuang racun dan zat-zat berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu, dari berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan hati dari alpukat, WAJIB bagi Anda untuk menyertakan alpukat dalam menu makanan harian Anda.

Brokoli


Sayuran hijau ini terkenal akan khasiatnya yang istimewa, terutama untuk kesehatan hati.

Zat gizi dalam brokoli juga tak perlu diragukan, pasalnya brokoli mengandung nilai gizi yang sangat baik, diantaranya ada gizi serat, antioksidan, vitamin A, B, C, dan K, serta sejumlah mineral lain yang penting bagi tubuh.

Terutama untuk brokoli yang paling istimewa untuk kesehatan organ hati yaitu brokoli dapat membantu meningkatkan senyawa organik yang disebut dengan glukosinolat dalam tubuh.



Nah, fungsi senyawa yang disebut dengan glukosinolat ini adalah untuk merangsang produksi enzim yang dapat membantu dalam membuang racun dari tubuh. Selain itu, enzim tersebut juga dapat membantu dalam proses pencernaan.

Apel


Panganan buah yang sangat disukai oleh semua orang ini, juga bermanfaat untuk kesehatan hati.

Terutama, apel mampu menghambat oksidasi, sehingga tubuh kita terlindungi dari penyakit hati, seperti hepatitis atau penyakit liver.

Konsumsi apel setiap hari juga dapat membantu tubuh untuk membersihkan saluran pencernaan, karena apel memiliki kandungan senyawa pektin.

Pektin adalah salah satu zat alami yang berfungsi sebagai pembersih, dimana apabila pektin dalam apel dikonsumsi secara teratur, maka dapat membantu kinerja hati dalam membersihkan tubuh secara keseluruhan.

Kubis


Kubis tak hanya baik untuk kesehatan organ hati, tapi juga baik untuk mencegah kanker, karena mengandun vitamin C yang tinggi.

Kubis juga memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan hati, karena dapat merangsang aktivitas enzim hati secara efisien.

Sejumlah manfaat lainnya dari kubis pun, penting untuk kita ketahui, beberapa diantaranya adalah :

  • Kubis mampu membantu meredakan berbagai rasa sakit yang ringan, karena mengandung analgesik ringan.
  • Kubis bisa mencegah katarak, karena kandungan beta karoten dalam kubis termasuk tinggi.
  • Kubis merupakan salah satu pangan yang mengandung asam amino glutamine yang baik untuk mencegah radang dan anti inflamasi
  • Selain itu, kubis juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, kubis putih atau kita juga mengenalnya sebagai kol, dapat dimakan mentah, atau dijadikan pelengkap sebagai sayur sop. Untuk Anda yang suka sama jus sayuran, juga dapat menyertakan kubis dalam daftar jus sehat harian Anda.



Bawang Putih

Jangan lupa juga bagi Anda yang menginginkan hati tetap sehat, untuk menyertakan bawang putih dalam masakan Anda, atau bila memungkinkan Anda dapat mengkonsumsi bawang putih yang dikukus seperti kebiasaan masyarakat jepang.

Bawang putih ini mengandung senyawa allicin dan selenium tinggi.

Nah, dua senyawa tersebut dapat membantu memberihkan hati agar tetap bersih, terhindar dari racun yang disaring oleh hati.

Kunyit


Rempah yang satu ini memiliki khasiat yang banyak bagi tubuh. Termasuk untuk kesehatan hati.

Nah, kunyit dapat membantu untuk mendetoksifikasi hati dan juga dapat membantu produksi empedu dan mencerna lemak.

Lemon


Si bulat lonjong, yang matang berwarna kuning ini juga baik untuk hati.

Selain lemon kaya akan kandungan vitamin C, ternyata lemon juga dapat membantu membersihkan sejumlah racun dan zat berbahaya dalam tubuh, sehingga apabila dikonsumsi setiap hari, maka dapat membantu kinerja hati menjadi lebih ringan.

Teh Hijau


Selain teh hijau berguna untuk melawan penuaan dini dan membuat Anda tampil lebih muda. Ternyata kandungan katekin dalam teh hijau juga dapat meningkatkan fungsi hati agar tetap sehat.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Inilah Makanan Sehat Buat Hati Yang Paling Top"

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah. Satu komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.